Komik lokal Si Juki sukses di Tanah Air berkat LINE
Techno.id - Geliat industri kreatif komik Indonesia yang sempat mengalami masa terpuruk tampaknya mulai bangkit kembali. Gambaran tersebut terlihat dari kehadiran tokoh komik bernama Juki. Adapun Juki sendiri merupakan hasil karya seorang animator bernama Faza Meonk yang dipopulerkan pada 2012 silam.
-
5 Gaya Faza Meonk sang kreator Si Juki saat jalan-jalan di alam Nggak melulu berkutat dengan komik.
-
20 Cerita paling menarik 'Si Juki', Jokowi aja suka lho Jokowi pernah “tertangkap” kamera sedang membaca serius cerita Si Juki, yang berjudul #BeraniGagal.
-
Si Juki The Movie, film animasi karya anak bangsa yang wajib ditonton Menyuguhkan cerita dan genre berbeda pada perfilman Indonesia
Seiring berjalannya waktu, Juki ternyata mampu merebut hati pecinta komik Indonesia. Pasalnya, salah satu layanan pesan instan terpopuler LINE telah menambah kontrak perpanjangan dengan Juki dalam bentuk stiker.
Awal mulanya, Juki sendiri berniat menyasar mahasiswa berusia 18 hingga 25 tahun. Namun, Juki justru mendapat sambutan tak terduga dari anak-anak dan orang tua yang ternyata juga terhibur dengan Juki.
Ketika bicara soal pembuatan, Faza mengakui hal yang perlu dipertimbangkan yang pertama ialah mengetahui siapa target market yang kemudian konten menyesuaikan. Selanjutnya, membuat diferensiasi mengapa orang harus menyukai komik dan yang terakhir yakni menggarap konten produksi.
Menariknya, Faza cukup cerdik dalam melirik peluang melalui internet khususnya media sosial. "Keberadaan Juki pada tahun 2012 bermula dari komik cetak yang kemudian berlanjut ke media sosial. Media sosial memberikan dampak yang sangat signifikan dalam perkenalan Juki," ungkap Faza, sang animator Juki.
Hingga kini, Juki sudah berkembang baik dalam bentuk komik cetak maupun digital. Di sisi lain, Faza juga membuat merchandise untuk melakukan monetasi agar Juki tetap laris.
Keuntungan yang didapat oleh Faza dari hasil karyanya pun kini juga boleh dibilang besar, di mana Juki sanggup menghasilkan 50 hingga 60 juta per bulannya. Ke depannya, Juki sendiri berencana untuk masuk ke pasar yang lebih luas yakni negara-negara Asean guna mengharumkan nama bangsa Indonesia.
BACA JUGA :
- 5 Fakta unik tentang stiker dan emoji Line
- Wooparoo Saga: Game anyar dari Line buat Anda pencinta action-strategy
- Aplikasi pesan instan LINE kini genap berusia 4 tahun
- LINE hadirkan aplikasi keyboard iPhone yang memuat emoji khasnya
- Setelah diakuisisi LINE, MixRadio siap jadi nomor satu di Indonesia
(brl/red)