5 Asisten AI ini bisa membantu kamu mengelola email agar tidak terlalu menyiksa

Advertisement

Techno.id - Email masih merupakan bagian penting dari kehidupan pribadi dan profesional banyak orang. Tetapi mengelola kotak masuk yang meluap setiap hari, dapat menyiksa dan memakan waktu. 

Nah di era penggunaan Artificial Intelligence (AI), kamu dapat menggunakan asisten AI agar dapat mengotomatiskan berbagai tugas berulang dan menyederhanakan penggunaan email. Berikut lima asisten AI yang bisa membantu menglola email kamu.

1. Sanebox untuk mengatur kotak masuk email

foto: sanebox

Mengelola volume email yang tinggi di kotak masuk bisa sangat melelahkan. Bagaimana kamu memilah-milah kotak masuk yang meluap itu sebelum meresponsnya.

Sanebox adalah salah satu alat terbaik yang dapat kamu gunakan untuk mengurangi kelebihan email. Ini adalah pengatur kotak masuk bertenaga AI yang berfungsi dengan layanan email yang ada, bertindak sebagai asisten di latar belakang.

Memulai dengan Sanebox itu sederhana. Yang perlu kamu lakukan hanyalah membuat akun menggunakan alamat email kamu dan memberikan akses Sanebox ke kotak masuk email. Layanan email AI ini menawarkan beberapa folder untuk mengatur email kamu.

Misalnya, kotak masuk kamu menyimpan email penting. Kamu dapat mengaktifkan @SaneBlackHole untuk melatih Sanebox memindahkan email yang mengganggu dari orang atau perusahaan tertentu ke dalam folder tersebut. Gunakan folder @SaneNews untuk menjauhkan buletin dari kotak masuk atau @SaneLater untuk email penting tetapi tidak mendesak.

Alat ini menggunakan AI untuk mengurutkan kotak masuk dan mempelajari kebiasaan email kamu. Cukup memindahkan email dari kotak masuk ke folder lain akan melatih Sanebox untuk mengirim email serupa ke sana di masa mendatang.

Sanebox adalah alat yang berguna untuk membantu kamu merapikan kotak masuk email. Alat ini menawarkan uji coba gratis 14 hari untuk menguji dan melihat apakah itu berhasil.

2. Grammarly untuk mengedit email

foto: grammarly

Menulis dan mengirim email yang dikonstruksi dengan baik dan benar secara tata bahasa sangat penting, terutama dalam pengaturan profesional. Grammarly adalah asisten pengeditan dan penulisan bertenaga AI yang dapat kamu gunakan untuk memastikan bahwa semua email bebas dari kesalahan.

Kamu dapat menggunakan asisten pengeditan AI ini di semua ruang penulisan, karena dapat diakses sebagai ekstensi browser, selular, dan aplikasi web.

Setelah mendaftar untuk akun Grammarly, kamu dapat menginstal ekstensi browser atau aplikasi desktop, dan itu akan mengoreksi ejaan, tanda baca, dan tata bahasa saat kamu mengetik email. Alat ini juga menggunakan AI generatif untuk meringkas email yang panjang, menyarankan pengulangan kalimat, dan menulis email.

Menggunakan Grammarly, kamu dapat mengatur nada pilihan untuk memastikan komunikasi kamu disesuaikan dengan preferensi. Alat ini menawarkan paket gratis, premium, dan bisnis.

3. Copilot untuk meringkas dan menyusun email di Edge

foto: microsoft copilot

Jika menggunakan browser Microsoft Edge, kamu mungkin sudah familiar dengan pendamping AI di bar samping. Alat ini dapat membantu meringkas halaman web, meningkatkan pengalaman berbelanja, atau memberikan tanggapan yang relevan terhadap pertanyaan dengan gaya percakapan.

Di luar kasus penggunaan praktis ini, Copilot juga bisa menjadi asisten email yang berguna. Untuk menggunakannya, buka browser Edge, masuk ke akun email kamu, dan klik ikon Copilot di sudut kanan atas. Kemudian, pilih tab Tulis untuk membuat draf email menggunakan nada profesional, santai, atau lucu. Jika puas dengan hasilnya, kamu dapat menggunakannya sebagai tanggapan atau mengeditnya sebelum mengirimnya.

Selain menyusun tanggapan, Copilot dapat meringkas email yang panjang untuk menghemat waktu atau membaca email kamu dengan lantang dengan fitur text-to-speech-nya. Dengan Copilot di Edge, kini kamu dapat menangani komunikasi email dengan lebih efisien dan efektif secara gratis.

4. Spike sebagai asisten email AI lengkap

foto: spike

Bagaimana jika kamu lebih memilih asisten email AI serba bisa dengan beberapa fitur praktis untuk merampingkan dan meningkatkan pengalaman email?  Spikebisa menjadi pilihan.

Alat email AI yang inovatif ini memiliki antarmuka yang ramah pengguna, menjadikannya pilihan yang popular. Jadi, bagaimana kamu dapat meningkatkan produktivitas email  menggunakan Spike?

Jika memiliki beberapa akun email, kamu mungkin tidak ingin menambahkan lebih banyak atau bolak-balik antar akun untuk memeriksa email. Umpan terpadu Spike membawa semua email kamu dari akun yang berbeda ke dalam satu lokasi pusat, sehingga kamu dapat melihat semuanya tanpa meninggalkan aplikasi.

Antarmukanya yang seperti obrolan, mirip dengan yang ditemukan di aplikasi perpesanan popular seperti WhatsApp, memberikan sentuhan yang lebih mudah pada email, membuatnya mudah dibaca dan dibalas dengan cepat.

Selain itu, fitur Kotak Masuk Prioritas Spike mengatur email berdasarkan kepentingannya, membantu kamu fokus pada pesan penting. Alat ini membantu kamu menghemat waktu dan menghindari kewalahan oleh kotak masuk yang berantakan. Spike juga menggunakan AI generatif untuk meringkas dan menulis email. Alat ini menawarkan paket gratis dan dua paket premium dengan fitur tambahan.

5. Shortwave untuk mengubah email menjadi Todos

foto: shortwave

Kotak masuk email akan membantu kamu menyelesaikan berbagai. Memiliki cara cepat dan mudah untuk mengubah email menjadi Todos (to do list) yang dapat ditindaklanjuti bisa menjadi pengubah permainan untuk produktivitas. Todos adalah daftar pekerjaan atau aktivitas yang perlu kamu selesaikan dalam waktu tertentu.

Kamu dapat melakukannya dengan Shortwave, alat AI yang terintegrasi secara mulus dengan Gmail. Setelah masuk dengan Gmail, Shortwave secara otomatis mengkategorikan email terkait ke dalam kumpulan Todos agar lebih mudah dikelola.

Selanjutnya, pilih kategori untuk melihat semua email dalam paket tersebut. Dari sana, kamu dapat dengan cepat membintangi pesan penting, menambahkan ke Todos untuk mengubah email menjadi tugas, Menunda untuk menanganinya nanti, menandainya sebagai Selesai, atau Menghapusnya. Kamu kemudian dapat membuka tab Todos untuk melihat semua tugas kamu di satu tempat.

Shortwave menggunakan kemampuan AI generatif untuk membantu menyusun dan meringkas email, sehingga lebih mudah menghabiskan lebih sedikit waktu di kotak masuk. Alat ini menawarkan paket gratis untuk pengguna biasa dan tiga paket berbayar untuk pengguna yang kuat dan bisnis.

Advertisement


(brl/red)