6 Gadget yang dibutuhkan mahasiswa dan pelajar di era digital

Advertisement

Techno.id - Di era teknologi digital seperti sekarang, keberadaan gadget dapat memudahkan pengguna untuk beraktivitas, termasuk para mahasiswa dan pelajar. Selam aini mungkin Sebagian orang menganggap keberadaan gadget akan memberikan gangguan kepada para mahasiswa dan pelajar karena akan membuat mereka tidak fokus belajar.     

Padahal, terbukti gadget menjadi berkah bagi dunia pendidikan sejak pandemi Covid 19 melanda. Hampir semua aktivitas belajar mengajar dilakukan secara online sehingga membutuhkan gadget yang mumpuni. Saat ini tidak jarang para mahasiswa dan pelajar yang memilih berinvestasi untiuk gadget demi menunjang proses belajar mereka. Berikut beberapa gadget yang sangat dibutuhkan mahasiswa dan pelajar di era digital.

1. Tablet

foto: freepik/suksao

Membawa buku teks atau buku catatan adalah kewajiban yang biasanya dilakukan para mahasiswa atau pelajar. Menurut penelitian National Library of Medicine seperti dikutip dalam laman resminya, berat tas ransel yang dibawa siswa sekolah atau mahasiswa dapat berkisar antara 10% hingga 25% dari berat badan mereka.

Ini adalah salah satu dari banyak alasan mengapa paperless mulai diterapkan. Sebagai gantinya, mereka bisa menggunakan tablet. Meskipun ini adalah investasi yang mahal pada awalnya, namun dapat membantu seseorang menghemat banyak uang dalam jangka panjang.

Jika kamu menghitung jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk buku teks dan alat tulis selama pendidikan atau tahun-tahun sekolah mulai jejang SMP hingga SMA, pada akhirnya akan menghabiskan biaya lebih dari yang kamu keluarkan untuk tablet.

Alih-alih membawa buku catatan khusus untuk setiap kursus atau pelajaran yang diambil, yang perlu dilakukan hanyalah memasukkan tablet ke dalam ransel. Di luar portabilitas, yang hebat tentang menjadi digital adalah di akhir perjalanan akademik, semua catatan yang kamu buat dan tugas yang kamu selesaikan akan disimpan di satu perangkat.

2. Aksesori tablet seperti stylus atau keyboard nirkabel

foto: freepik/ibrakovic

Jika menggunakan tablet khusus untuk akademisi dan program studi yang terdiri dari banyak pencatatan dan anotasi, tablet saja mungkin tidak cukup. Kamu juga membutuhkan stylus, jika ingin menggunakan tablet secara maksimal.

Apalagi saat ini sebagian besar buku teks tersedia dalam bentuk PDF online, dan dengan aplikasi pencatat yang bagus, seperti Notability atau Goodnotes, pencatatan tulisan tangan seharusnya sangat mudah. Jika dosen atau guru kamu mengajar melalui presentasi dan menyediakan slide atau PDF, kamu dapat membuat anotasi langsung di tablet.

Beberapa stylus seperti Apple Pencils misalnya, hadir dengan fitur-fitur hebat seperti pengenalan tulisan tangan, membuat belajar lebih mudah. Karena sebagian besar institusi menggunakan portal online seperti Google Classroom atau Canvas untuk pengiriman tugas, kamu juga dapat langsung mengerjakan tugas di tablet alih-alih membuang-buang banyak kertas.

Namun, jika kamu lebih suka mengetik catatan dan berada dalam program yang membutuhkan banyak penulisan esai, kamu lebih baik membeli keyboard Bluetooth nirkabel. Kamu bisa berinvestasi dalam stylus dan keyboard nirkabel untuk program yang membutuhkan pencatatan ekstensif, termasuk untuk menyelesaikan tugas di Microsoft Word.

3. Laptop yang andal

foto: freepik/frolopiaton palm

Selain tablet, laptop juga menjadi perangkat wajib yang dimiliki para mahasiswa dan pelajar. Apalagi jika kamu terdaftar dalam program STEM. Misalnya, jika kamu berada di program rekayasa perangkat lunak, banyak tugas akan memerlukan pengkodean langsung, di mana kamu memerlukan laptop andal yang mampu menjalankan IDE seperti VS Code. Demikian pula, dalam program arsitektur, kamu harus membuat model 3D realistis untuk tugas menggunakan perangkat lunak seperti AutoCAD.

Meskipun tablet yang dipasangkan dengan keyboard nirkabel hampir dapat menggantikan laptop dalam beberapa skenario, pada akhirnya kamu memerlukan akses ke salah satunya. Dengan Laptop ringan dan portabel, kamu juga dapat membawanya dengan mudah. Namun, jika kamu memiliki anggaran terbatas dan terutama membutuhkan perangkat untuk membuat catatan dan menulis esai, Chromebook memiliki banyak fitur yang bisa diandalkan.

Advertisement


(brl/red)