7 Layanan penyimpanan cloud terbaik 2024 untuk mencadangkan dan berbagi file

Advertisement

Techno.id - Saat ini cara terbaik untuk menyimpan dan berbagi file adalah dengan menggunakan cloud. Namun, begitu banyak layanan penyimpanan cloud yang tersedia di pasaran sehingga sulit untuk memilih opsi terbaik untuk kebutuhan kamyu. Berikut adalah tujuh layanan penyimpanan cloud terbaik untuk menyimpan dan berbagi file.

1. Google Drive

foto: freepik/mteerapat

Google Drive adalah salah satu solusi penyimpanan cloud terbaik di pasaran. Ini termasuk salah satu tingkatan gratis yang paling “murah hati”, dengan penyimpanan gratis 15GB, meskipun ini dibagikan di antara produk Google lainnya seperti Gmail dan Foto.

Selain penyimpanan gratis, Google Drive kaya fitur dengan berbagai fitur, termasuk penelusuran, pengorganisasian, berbagi, dan kolaborasi yang mudah. Meskipun Google Drive terikat dengan Gmail, kamu dapat berbagi file Google Drive dengan akun non-Gmail.

Jika penyimpanan 15GB terlalu kecil untuk kebutuhan kamu, Google Drive memungkinkan kamu memutakhirkan melalui Google One, yang menawarkan langganan lengkap untuk layanan Google. Dengan Google One, kamu dapat membeli penyimpanan cloud hingga 2TB dengan harga terjangkau. Bahkan untuk tingkatan berbayar, Google Drive adalah salah satu layanan penyimpanan cloud termurah di pasaran.

2. Microsoft OneDrive

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Microsoft OneDrive adalah opsi penyimpanan cloud solid lainnya untuk mencadangkan dan berbagi file melalui internet. Ini adalah pilihan terbaik jika kamu menyukai atau sudah terpikat pada ekosistem Microsoft.

Fitur berbagi file di OneDrive sangat bagus, dengan kontrol terperinci untuk dibagikan dengan semua orang melalui tautan publik atau orang tertentu dengan menambahkan email. Kamu juga dapat memilih apakah seseorang harus dapat mengedit atau hanya melihat file yang dibagikan.

Untuk mendapatkan OneDrive, kamu memerlukan akun Microsoft 365, yang memberi penyimpanan cloud sebesar 5GB dan penyimpanan kotak surat sebesar 15GB. Kamu juga mendapatkan akses ke versi dasar aplikasi dan layanan Microsoft. Kapasitas 5GB mungkin tidak banyak menurut standar apa pun untuk menyimpan cadangan, jadi Microsoft menawarkan paket berbayar dengan lebih banyak penyimpanan.

Kamu dapat memilih antara Microsoft 365 Basic (penyimpanan cloud 100GB) seharga USD1,99 atau sekitar Rp31 ribu per bulan atau USD69,99 atau sekitar Rp1,1 juta per tahun. Lalu ada juga Microsoft 365 Personal (1TB) seharga USD6,99 atau sekitar Rp114 ribu per bulan atau USD19,99 atau sekitar Rp325 ribu per tahun.

Tingkat terakhir juga memberi kamu fasilitas tambahan seperti akses premium ke aplikasi dan layanan Microsoft tertentu seperti Teams, PowerPoint, Word, Excel, dan Defender. Jika memiliki keluarga, kamu dapat menghemat uang untuk langganan dengan menggunakan Microsoft 365 Family.

3. iCloud

foto: apple

Terlepas dari reputasi Apple untuk membuat layanan eksklusif untuk ekosistemnya, kamu dapat menggunakan iCloud Drive tanpa perangkat Apple. Sebagai solusi pencadangan, iCloud Drive adalah alternatif yang baik jika kamu sudah berada di ekosistem Apple.

Jika memiliki perangkat Apple, iCloud adalah solusi pencadangan yang sempurna karena terintegrasi ke dalam sistem. Perangkat Apple seperti iPhone dapat mencadangkan hampir semua media, mulai dari foto hingga video, catatan, pesan, kotak mail, data aplikasi untuk aplikasi tertentu, dan bahkan pencadangan sistem.

iCloud menawarkan penyimpanan gratis sebesar 5GB, tetapi seperti layanan penyimpanan cloud lainnya, layanan ini menyertakan opsi berbayar jika kamu membutuhkan lebih banyak ruang melalui layanan berlangganan iCloud+ Apple.

Layanan ini menawarkan beberapa opsi peningkatan penyimpanan hingga 12TB. Pilihannya termasuk 50GB seharga USD0,99 atau sekitar Rp17 ribu per bulan, 200GB seharga USD2,99 atau sekitar Rp49 ribu per bulan, 2TB (USD9,99 atau sekitar Rp163 ribu bulan, 6TB (USD29,99 atau sekitar Rp488 ribu per bulan, dan 12TB (USD59,99 atau sekitar Rp975 per bulan).

4. pCloud

foto: pcloud

Berbeda dengan opsi sebelumnya, pCloud bukan dari perusahaan teknologi besar. Namun, pCloud adalah alternatif yang layak karena fitur tambahannya. Misalnya, pCloud adalah satu-satunya solusi penyimpanan cloud dengan paket seumur hidup dan opsi penyimpanan 500GB.

pCloud menawarkan penyimpanan yang lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan kamu, dengan tingkat penyimpanan yang berbeda di atas opsi 500GB, termasuk opsi 2TB dan opsi seumur hidup eksklusif dengan 10TB.

Ini termasuk fitur berbagi file serbaguna dan memungkinkan kamu melindungi file dengan kata sandi. Kamu juga dapat menetapkan tanggal kedaluwarsa saat tautan bersama kedaluwarsa, membuat file tidak dapat diakses. Satu hal yang perlu diperhatikan tentang pCloud adalah membatasi lalu lintas tautan bersama.

Jika mendapatkan paket 500GB, kamu hanya mendapatkan lalu lintas tautan bersama sebesar 500GB di tautan publik. Paket yang lebih tinggi memiliki batasan bandwidth yang sama dengan ukuran penyimpanan. Namun, kamu mungkin tidak akan pernah mencapai batas tersebut kecuali berencana untuk meng-host file di pCloud untuk distribusi publik.

 

Advertisement


(brl/red)