ASUS luncurkan laptop gaming kompak 14 inci, dibekali performa dan kemampuan upgrade luar biasa

Advertisement

Techno.id - Saat ini ada banyak laptop gaming, namun seri ASUS TUF Gaming cukup menonjol karena desainnya yang menarik dan harganya terjangkau. ASUS baru-baru ini mengungkapkan dua model baru yang dibuat dengan prosesor AMD baru, termasuk laptop kompak berukuran 14 inci. 

ASUS mengumumkan TUF Gaming A14 baru. Ini merupakan  laptop gaming 14 inci ultraportable baru dengan performa dan kemampuan upgrade yang luar biasa. Selain itu ada juga TUF Gaming A16, versi terbaru dari laptop gaming 16 inci yang ada. Laptop ini memiliki desain yang serupa, meskipun model 16 inci lebih besar untuk memungkinkan komponen yang lebih bertenaga.

ASUS TUF Gaming A14 (foto: asus)

Kedua laptop akan menggunakan prosesor AMD generasi berikutnya dengan 12 Cores, 24 Threads, dan NPU internal yang mampu menghasilkan 50 TOPS untuk beban kerja AI. Tampaknya laptop ini menggunakan prosesor Zen 5 yang baru saja diperkenalkan AMD, tetapi ASUS tidak secara eksplisit mengonfirmasi prosesor mana yang akan digunakan.

Laptop ini juga akan memiliki kartu grafis NVIDIA GeForce RTX khusus untuk bermain game dan beban kerja AI yang lebih menuntut. Sementara NPU internal akan meningkatkan AI pada perangkat dan tugas pembelajaran mesin, seperti koreksi pandangan mata pada webcam selama panggilan video dan beberapa alat Microsoft Copilot.

TUF Gaming A14, memiliki berat hanya 1,46 kg dan memiliki kedalaman 0,67 inci, hamper sama dengan MacBook Pro 14 inci. Laptop ini mendukung hingga kartu grafis RTX 4060 dengan TDP maksimum 100W, yang diklaim ASUS jauh lebih tinggi daripada banyak pesaingnya.

ASUS TUF Gaming A16 (foto: asus)

Ada dua slot SSD M. 2 2280 untuk penyimpanan yang dapat ditingkatkan, tetapi sepertinya RAM tidak dapat ditingkatkan. Port USB Type-C dapat digunakan untuk mengisi daya laptop.

Sementara TUF Gaming A16, adalah model yang lebih besar dan lebih bertenaga, dengan kartu grafis hingga RTX 4070. ASUS telah meningkatkan sistem pendingin dari A16 sebelumnya, dengan heatsink lebar penuh dan ventilasi pembuangan baru dan dua kipas Arc Flow generasi kedua.

Advertisement


(brl/red)