Mengulik Sennheiser E845, mikrofon supercardioid dinamis dengan kualitas suara jernih

Advertisement

Review mikrofon E845

Kualitas suara

foto: techno.id/yani andriyansyah

Suara Sennheiser E845 terdengar sangat bersih yang dapat digunakan di studio maupun di atas panggung. Saat membandingkan dengan E835, rentang frekuensi tinggi yang diperluas langsung terlihat. Mikrofon ini memiliki suara yang sangat terang tanpa menjadi rapuh atau kasar. Suaranya halus dan jernih, dengan bass yang halus dan kencang.

Dibanding dengan E865 (mikrofon kondensor), suara bass E845 lebih sedikit. Tapi ini belum tentu hal yang buruk. Potongan bass yang lembut menghasilkan suara yang halus dan seimbang,  sehingga sesuai dengan suara laki-laki yang dalam, yang menghilangkan frekuensi apa pun yang akan menyebabkan efek teredam. Mikrofon ini juga bagus pada vokal wanita, menangkap semua kejernihan kelas atas tanpa memberikan terlalu banyak detail. Karena itu E845 sangat cocok untuk vokal, memberikan kejernihan dan kejelasan yang bagus. Mikrofon ini memiliki suara alami, tidak menjadi menggelegar saat berada dalam jarak dekat.

Performa Sennheiser E845  

foto: techno.id/yani andriyansyah

Mikrofon vokal dinamis E845 benar-benar unggul di atas panggung. Fitur penanganan kebisingan dan anti-interferensi yang umum di seluruh jajaran Evolution membuatnya sangat cocok untuk penggunaan langsung. Pola kutub supercardioid menahan umpan balik, bahkan pada tingkat volume yang layak. Tapi ingat bahwa kelemahan dari pola kutub ini adalah harus memastikan kamu tetap pada porosnya.

Ini adalah mikrofon yang bagus untuk digunakan secara umum di studio dan akan bekerja dengan baik pada instrumen serta vokal. Seperti disebutkan di atas, jika kamu kesulitan menghadapi masalah umpan balik, mikrofon vokal E 845 akan memberi kamu keuntungan tersendiri.

Saat kamu memiliki instrumen lain dalam jarak dekat dan kamu hanya menginginkan suaranya, yang terbaik adalah bernyanyi atau berbicara langsung ke mikrofon. Ini akan menambah lebih banyak bass pada suara, karena 'efek kedekatan'. Ini adalah efek yang digunakan presenter radio untuk memberi mereka suara yang sangat dalam.

Untuk suara yang lebih alami dan seimbang, pegang mikrofon antara jarak 5 dan 10 cm dari mulut. Akan ada lebih sedikit efek kedekatan, dan mikrofon akan menangkap lebih banyak suara dari instrumen lain, dan akustik ruangan. Untuk menghadirkan lebih banyak suara ruangan, dan instrumen di sekitar, pegang mikrofon sejauh 10 cm atau lebih dari mulut. Ini juga merupakan posisi yang baik untuk nada keras yang tiba-tiba, atau untuk membentuk, dan mengeluarkan nada yang panjang.

Kesimpulan

Sennheiser E845 dynamic vocal mic adalah mikrofon solid yang direkayasa dengan baik, sangat cocok untuk penggunaan langsung. Kapsul supercardioid memastikan penolakan di luar sumbu dan menjaga umpan balik

Tak heran jika perangkat ini juga merupakan mikrofon umum yang bagus untuk disiagakan di studio rekaman. Dengan hanya area kecil di depan mikrofon yang menangkap suara, itu akan meminimalkan suara ruangan. Kemampuannya untuk menangani tingkat tekanan suara yang tinggi, juga membuatnya hebat dengan instrumen yang keras, seperti drum dan brass.

Itulah mengapa mikrofon ini sangat cocok untuk tempat yang bising serta vokal latar di mana kamu ingin meminimalkan kebisingan latar belakang dan sangat ideal untuk jenis suara tenor.

Advertisement


(brl/red)