Pengisi daya berkabel vs nirkabel, simak 4 faktor ini sebelum memilih yang cocok untuk ponsel kamu

Advertisement

Pengisi daya nirkabel vs kabel

3. Kenyamanan

foto: freepik/dennis b

Banyak orang menggunakan pengisi daya nirkabel, alasan utamanya bukan karena pengisian daya yang cepat atau daya tahan baterai yang lebih baik, melainkan kenyamanan. Meletakkan ponsel di atas bantalan pengisi daya nirkabel yang terletak di atas meja adalah cara yang nyaman. Kamu tidak perlu repot-repot dengan kabel dan stopkontak.

Meski dianggap nyaman, namun sebagian orang justru sebaliknya. Pengisi daya berkabel malah dianggap lebih nyaman karena pengguna masih bisa menggunakan smartphone saat sedang diisi daya, kendati opsi tersebut tidak disarankan.

Berbeda dengan pengisi daya nirkabel di mana pengguna tidak bisa menggunakan smartphone mereka. Kecuali jika mereka harus membungkuk untuk menggunakannya.

Selain itu, pengisian daya nirkabel lebih lambat. Berbeda dengan pengisi daya cepat berkabel yang bisa mengisi baterai ponsel dengan kapasitas yang cukup dalam waktu 20-30 menit. Ditambah lagi saat ini semua perangkat elektronik portabel hadir dengan USB Type-C sebagai standar. Jadi kamu dapat mengisi daya semua ponsel cerdas menggunakan satu kabel.

4. Harga

foto: rawpixel.com

Pengisi daya nirkabel adalah aksesori mandiri yang harus dibeli secara terpisah. Biasanya pengisi daya nirkabel jauh lebih mahal dibanding pengisi daya berkabel. Untuk beberapa produsen smartphone biasanya menyertakan pengisi daya berkabel dalam paket pembelian.

Namun belakangan, semakin banyak produsen ponsel pintar yang mengikuti langkah Apple dan Samsung dengan tidak menyertakan adaptor daya, yang berarti kamu harus membelinya secara terpisah. Untungnya, adaptor lebih murah daripada pengisi daya nirkabel.

Sebenarnya kamu dapat menggunakan pengisi daya berkabel atau nirkabel sesuai keinginan. Sebab keduanya tidak akan menurunkan daya baterai, hanya lebih pada penggunaan biasa. Cara terbaik yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan baterai jangka panjang adalah menjauhkannya dari sumber panas dan menjaga persentase baterai di kisaran 20% hingga 90%.

Advertisement


(brl/red)