Sony Xperia 1 VI memulai debutnya dengan peningkatan kamera AI dan zoom telefoto yang kuat

Advertisement

Techno.id - Sony memulai debutnya dengan ponsel andalan tahun 2024, Xperia 1 VI. Ponsel cerdas ini sangat fokus pada fungsionalitas game, audio, dan tampilan. Sony merinci Xperia 1 VI terbaru dengan tampilan yang “lebih cerdas”. 

Xperia 1 VI menawarkan layar bertenaga Bravia 6,5 inci yang dikalim 1,5 kali lebih terang dari pendahulunya. Sony juga telah mengerjakan “Sunlight Vision”, yang dirancang untuk memberi pengguna lebih banyak visibilitas layar saat berada di luar.

Dari sisi dapur pacu, ponsel ini dibekali chipset Snapdragon 8 Gen 3, ditambah sensor Exmor T internal Sony dengan pemrosesan AI yang mendukung kecanggihan kamera.

Kamera

foto: sony

Sony memelopori kamera smartphone continuous zoom melalui Xperia 1 Mark III. Sementara untuk Xperia 1 VI, Sony menyematkan lensa utama 52MP, lensa telefoto 12MP, dan lensa ultrawide 12MP.

Model terbaru ini hadir dengan rentang telefoto yang sangat besar untuk smartphone, setara dengan lensa objektif vario 85-170 mm, bersamaan dengan teknologi makro. Berkat kemajuan ini, pengguna dapat beralih dari zoom 2x ke zoom dekat 4cm.    

Selain itu, Xperia 1 VI juga menawarkan pelacakan AF dengan estimasi pose manusia. Sony menyatakan ini dilakukan melalui fitur AI yang dibuat kamera seri Alpha. Fitur tersebut dikalim dapat mengenali kerangka manusia (skeleton) untuk memberikan pelacakan presisi pada Xperia 1 VI bahkan melalui objek yang dapat menutupi tubuh seseorang.

foto: sony

Aplikasi kamera baru ini juga didukung fungsionalitas kamera yang ditingkatkan. Sony menyebutkan telah mendorong pembaruan untuk aplikasi kamera Xperia 1 VI yang menyertakan UI dengan navigasi yang mulus. Pembaruan ini dirancang untuk memprioritaskan kenyamanan bagi pengguna tanpa menyembunyikan salah satu opsinya untuk menciptakan lebih banyak kreativitas. Pengguna dapat menemukan preset warna seperti “Creative Look” dan mode pemotretan seperti PSM.

Selain itu pelacakan sentuh memungkinkan pengguna menyesuaikan kecerahan dan menyesuaikan warna, dan mode Pro baru menyediakan serangkaian pengaturan terperinci untuk pengambilan video.

Bisa diandalkan untuk bermain game

foto: sony

Bukan cuma itu, ponsel ini juga diklaim sangat andal untuk bermain game. Dalam hal ini Sony menyoroti Pengoptimal FPS Xperia 1 VI. Saat digunakan, pengoptimal mendukung penggunaan CPU perangkat dan kecepatan bingkai berdasarkan game. Ini merupakan input penting dalam game, sehingga Sony menyempurnakannya dengan menawarkan tiga kecepatan pelacakan dan dua tingkat akurasi ketukan.

Advertisement


(brl/red)