10 Cara memperbaiki kartu SD tidak bisa dibaca di perangkat Windows

Advertisement

Cara memperbaiki SD Card tidak bisa dibaca di Windows

6. Perbarui driver kartu SD

foto: tangkapan layar

Jika kartu diaktifkan tetapi tidak muncul di File Explorer, pastikan drivernya sepenuhnya mutakhir. Unduh driver terbaru dari situs web pabrikan. Jika driver file dalam format yang dapat dieksekusi, jalankan file dan ikuti petunjuk di layar. Jika penginstalan manual diperlukan, klik kanan perangkat di Device Manager dan pilih "Perbarui Driver". Kemudian, pilih "Jelajahi Komputer Saya untuk Driver", pilih driver yang diunduh, dan izinkan Device Manager untuk memperbarui driver kartu SD secara otomatis.

7. Tetapkan huruf drive ke kartu SD

foto: tangkapan layar

Jika kartu SD tidak memiliki masalah perangkat keras, perangkat kamu akan mendeteksinya. Untuk mengonfirmasi ini, tekan Win+R, ketik diskmgmt.msc di perintah Run, dan klik "OK."

Jika kartu SD muncul terdeteksi di sini tetapi tidak ditampilkan di File Explorer, pastikan huruf drive ditetapkan untuk kartu tersebut. Jika tidak ada huruf drive yang ditetapkan, sistem kamu tidak akan mendeteksinya. Jika tidak ada huruf drive yang ditetapkan, klik kanan pada kartu SD dan pilih "Ubah Huruf Drive dan Jalur". Kemudian, klik tombol "Tambah", pilih huruf drive baru dari daftar drop-down, dan klik "OK". Jika huruf drive sudah ditetapkan, periksa drive untuk kesalahan sistem file.

8. Jalankan pemindaian CHKDSK

foto: tangkapan layar

Kerusakan drive juga dapat mencegah deteksi kartu SD. Untuk memastikan itu bukan masalahnya, kamu harus memperbaiki sektor drive yang rusak. Pemindaian CHKDSK dapat membantu dalam hal ini. Pemindaian ini memeriksa kesalahan sistem file dan memperbaikinya jika ditemukan. Untuk menjalankan pemindaian, klik kanan pada volume kartu SD dan pilih "Properti". Arahkan ke tab "Alat" dan klik tombol "Periksa". Kemudian, klik "Pindai dan Perbaiki Drive" dari popup.

9. Pastikan kartu SD tidak dilindungi untuk format tulis

foto: tangkapan layar

Jika kartu SD muncul di File Explorer, tetapi kamu tidak dapat mentransfer atau mengubah data apa pun, izin akses kartu atau atribut file dapat disetel ke baca saja. Untuk menghapus perlindungan tulis, ketik Command Prompt di Windows Search dan klik “Run as Administrator.”

Ketik diskpart dan tekan Enter. Kemudian, ketik list disk untuk menampilkan perangkat penyimpanan kamu. Temukan kartu SD berdasarkan ukuran, dan ketik select disk #, di mana "#" mewakili nomor kartu SD kamu dari perangkat penyimpanan yang terdaftar. Terakhir, ketik attributes disk clear readonly dan tekan Enter. Melakukannya akan menghapus proteksi tulis, memungkinkan kartu SD bisa digunakan lagi.

10. Format kartu SD

foto: tangkapan layar

Jika tidak ada solusi sebelumnya yang menyelesaikan masalah, pertimbangkan untuk memformat kartu SD. Pemformatan sering kali memperbaiki kerusakan mendasar yang dapat mencegah kartu terdeteksi. Namun, ingatlah bahwa pemformatan akan menghapus semua data pada kartu. Jika data pada kartu sangat penting, sebaiknya lewati langkah ini. Jika kartu tidak berisi data penting, kamu dapat memformatnya.

Untuk memformat kartu SD, tekan Win+R, ketik diskmgmt.msc di perintah Run, dan klik "OK". Kemudian, klik kanan pada volume kartu SD dan pilih "Format".

Pilih sistem file pilihan kamu dan klik "OK". Terakhir, klik "OK" di popup konfirmasi untuk memulai proses pemformatan. Periksa kembali kartu SD untuk melihat apakah kartu tersebut dapat diakses sekarang.

Mudah-mudahan, perbaikan di atas akan membantu kamu mengidentifikasi penyebab utama dan membuat kartu SD dapat dideteksi kembali. Jika kartu rusak secara permanen, pertimbangkan untuk menggantinya dengan yang baru.

Advertisement


(brl/red)