10 Cara memperbaiki masalah smartphone Android tidak mau mengisi daya

Advertisement

10 Cara memperbaiki ponsel yang tidak mau dicas

6. Hapus cache smartphone

foto: freepik/rawpixel.com

Terkadang sebuah aplikasi akan terus berjalan di latar belakang, meskipun kamu telah menutupnya. Aplikasi tersebut juga bisa saja tidak berfungsi dan terus berjalan dengan tidak benar padahal seharusnya tidak. Menghapus cache penyimpanan smartphone dapat mengatasi masalah ini, jadi ada baiknya kamu mencobanya.

7. Mulai ulang ponsel

foto: freepik/rawpixel.com

Dalam beberapa kasus, OS Android mungkin macet dan menyebabkan masalah pengisian daya. Matikan ponsel, tunggu sekitar satu menit, lalu nyalakan kembali.

8. Matikan smartphone atau gunakan mode pesawat

foto: freepik/whatwolf

Ada sejumlah layanan latar belakang yang terus berjalan saat smartphone sedang diisi dayanya, meskipun kamu telah menutup semua aplikasi di dalamnya. Misalnya, membiarkan Bluetooth diaktifkan dapat mencegah ponsel mengisi daya dengan cepat karena menggunakan banyak daya. Begitu juga dengan Layanan Lokasi dan layanan Wi-Fi.

Untuk mengetahui apakah hal ini mencegah smartphone mengisi daya, coba matikan smartphone sepenuhnya atau aktifkan Mode Pesawat. Opsi Mode Pesawat mencegah sebagian besar layanan ini bekerja, jadi kamu akan segera tahu apakah itu penyebabnya.

9. Baterai mungkin akan habis

foto: freepik/rawpixel.com

Untuk beberapa pemilik ponsel Android, mungkin baterai fisik di ponsel yang menjadi masalah. Tergantung pada ponsel yang dimiliki. Kamu mungkin dapat memeriksa baterai, tetapi kebanyakan pengguna harus membawanya ke pusat perbaikan untuk melakukan hal ini karena sebagian besar smartphone saat ini menggunakan baterai tanam.

10. Smartphone mungkin mati

foto: freepik

Ada komponen perangkat keras lain di dalam smartphone kamu yang juga dapat mencegah pengisian daya. Hanya teknisi bersertifikat dari pusat layanan resmi produsen atau penyedia layanan telepon selular kamu yang dapat memberi tahu tentang masalah ini.

Advertisement


(brl/red)