10 Cara memperlambat degradasi baterai iPhone agar bisa bertahan lebih lama

Advertisement

Techno.id - Baterai lithium-ion di iPhone secara alami terdegradasi seiring waktu penggunaan. Oleh karena itu, sangat penting selalu menjaga baterai iPhone untuk memastikannya bertahan selama mungkin. Berikut adalah beberapa cara untuk memperlambat degradasi baterai di iPhone.

1. Hindari memaksimalkan siklus pengisian daya

foto: freepik/lashkhidzetim

Menurut Apple, setelah sekitar 500 siklus pengisian daya, iPhone hanya mempertahankan hingga 80% dari kapasitas baterai aslinya. Kamu melewati siklus pengisian daya saat menggunakan 100% baterai iPhone. Misalnya, kamu menggunakan 50% kemarin dan 50% lainnya hari ini.

Jadi, secara umum, semakin sedikit menggunakan iPhone, semakin sedikit siklus pengisian daya yang dilalui dan semakin lama baterai akan bertahan. Kamu dapat memeriksa berapa banyak siklus baterai yang telah dilalui iPhone bahkan tanpa menggunakan aplikasi.

Selain itu, menjaga perangkat tetap terisi penuh atau benar-benar terkuras dapat berdampak negatif pada kesehatan baterai iPhone. Untuk alasan ini, kamu harus mencoba menjaga daya perangkat terisi 40% dan 80% untuk menjaga kesehatan baterai iPhone.

2. Matikan fitur yang tidak perlu

foto: freepik

Untuk menggunakan siklus pengisian daya yang lebih sedikit dan menjaga kesehatan baterai iPhone, kamu harus mematikan fitur apa pun yang tidak benar-benar diperlukan. Misalnya, sebaiknya nonaktifkan fitur yang haus daya seperti Refresh Aplikasi Latar Belakang. Buka Pengaturan > Umum > Penyegaran Aplikasi Latar Belakang > Penyegaran Aplikasi Latar Belakang > Nonaktif untuk melakukannya.

Untuk lebih menghemat masa pakai baterai di iPhone dan memaksimalkan daya baterai penuh, kamu dapat mematikan layar selalu aktif jika iPhone kamu memilikinya dan mengaktifkan kecerahan otomatis sehingga iPhone secara otomatis mengurangi kecerahan layar kapan pun sesuai dengan lingkungan. Untuk mengaktifkan kecerahan otomatis, buka Pengaturan > Aksesibilitas > Tampilan & Ukuran Teks dan aktifkan Kecerahan Otomatis.

3. Jangan tinggalkan iPhone terlalu lama tanpa pengisian daya

foto: freepik/grinvalds

Sel baterai yang membentuk baterai lithium-ion memiliki masa pakai yang terbatas, artinya kamu harus menjaga baterai iPhone. Salah satu “pembunuh” terbesar baterai smartphone adalah membiarkannya mati sepenuhnya.

Ini karena ketika sel baterai habis dan dibiarkan seperti itu untuk waktu yang lama, sel baterai dapat memasuki keadaan pengosongan yang dalam dan tidak pernah berfungsi lagi.

Untungnya, baterai iPhone masih menyimpan daya cadangan bahkan saat dimatikan untuk menghindari masalah ini. Tetapi jika iPhone mati, kamu harus segera mengisi daya lagi. Untuk menghindari hal ini, manfaatkan mode Daya Rendah iPhone saat baterai tersisa 20% atau lebih rendah hingga kamu bisa mencapai stopkontak.

4. Jangan biarkan iPhone terisi daya semalaman

foto: freepik/user16766420

Banyak orang mengisi daya ponsel mereka semalaman karena ini adalah pilihan yang paling nyaman. Namun, mengisi daya ponsel semalaman bisa berdampak buruk karena pengisian daya iPhone yang berlebihan seperti ini dapat mengakibatkan baterai rusak dan mengurangi masa pakainya.

Pengisian daya yang sering berlebihan merusak baterai karena memaksa lebih banyak arus ke sel yang sudah penuh daripada yang dirancang untuk ditahan. Ini juga berarti iPhone menghabiskan sebagian besar malam dengan pengisian daya 100%, yang buruk untuk kesehatan baterainya.

Untungnya, iOS memiliki fitur Pengisian Baterai yang Dioptimalkan untuk membantu menjaga kesehatan baterai iPhone. Kamu dapat mengaktifkannya dengan membuka Pengaturan > Baterai > Kesehatan & Pengisian Baterai dan mengaktifkan Pengisian Baterai yang Dioptimalkan.

Jika mematikan daya ponsel pada waktu yang kira-kira sama setiap hari, iPhone kamu akan mempelajari pola ini dan menghindari pengisian daya hingga 100% sampai tepat saat kamu membutuhkannya.

5. Hindari mengisi daya dan menggunakan ponsel secara bersamaan

foto: freepik/pvproductions

Tidak ada salahnya melihat beberapa pesan dan menelusuri media sosial untuk sementara waktu. Namun, hindari terlibat dalam sesi bermain game yang berkepanjangan saat mengisi daya iPhone.

Game multipemain, khususnya, cenderung menyebabkan iPhone menjadi terlalu panas. Mengisi daya perangkat secara bersamaan hanya akan memperburuk masalah dan memengaruhi kesehatan baterai iPhone dalam jangka panjang. Oleh karena itu, yang terbaik membiarkan iPhone mengisi daya untuk menjaga kesehatan baterainya.

 

Advertisement


(brl/red)