10 Cara menjaga kesehatan baterai iPhone, nomor 5 kebiasaan yang paling sering dilakukan 

Advertisement

10 Cara menjaga kesehatan baterai iPhone

6. Gunakan hanya pengisi daya Apple resmi

foto: freepik/designuni

Banyak perusahaan yang memproduksi pengisi daya iPhone berkualitas rendah. Meskipun masih dapat mengisi daya perangkat, namun pengisi daya jenis ini tidak disertifikasi Apple. Berarti pengisi daya ini tidak mempertahankan kualitas dan kompatibilitas yang sama dengan baterai iPhone.

Hanya gunakan aksesori bersertifikat MFi Apple untuk keselamatan dan kesehatan baterai iPhone kamu. Beberapa item yang disetujui secara resmi ini termasuk kabel Lightning terbaik untuk mengisi daya iPhone. Pengisi daya resmi membantu melindungi dari lonjakan daya dan korsleting, yang dapat menyebabkan cedera pada kamu atau merusak komponen internal ponsel, termasuk baterai.

7. Hindari perubahan suhu ekstrem

foto: freepik/abdulmoizjaangda

Menjaga iPhone kamu aman dari suhu ekstrem akan membantu baterainya melewati seluruh masa pakainya tanpa merusak komponen inti. Oleh karena itu, memperhatikan tindakan ini dapat membantu menjaga kesehatan baterai iPhone.

Suhu rendah yang ekstrem dapat menyebabkan masa pakai baterai lebih pendek, memengaruhi kemampuan baterai untuk mengisi daya atau membuatnya berhenti bekerja sama sekali. Di sisi lain, suhu ekstrem yang tinggi (panas) dapat secara permanen mencegah kamu menggunakan beberapa fitur ponsel, seperti menyebabkan retakan pada perangkat itu sendiri, yang dapat memengaruhi kinerja baterai secara keseluruhan.

8. Gunakan casing

 

foto: freepik/pet05

Meskipun ceramic shield iPhone berkontribusi pada daya tahan perangkat, namun akan lebih aman jika kamu menggunakan casing. Sering menjatuhkan iPhone pada permukaan keras pasti akan berkontribusi pada kerusakan komponen internal seiring waktu, yang memengaruhi kesehatan baterai iPhone.

Selanjutnya, untuk menjaga kesehatan baterai iPhone, jauhkan dari lingkungan berdebu atau kotor. Hal ini dapat menyebabkan masa pakai baterai lebih pendek karena partikel debu dan kotoran menumpuk pada kontak baterai. Menggunakan casing pelindung dapat membantu melindungi port iPhone dengan menjebak serpihan sebelum memasuki perangkat. Selain itu, casing iPhone yang bagus dapat melindungi iPhone dari masalah lain seperti layar rusak dan kerusakan akibat air.

Selain itu, pastikan casing tersebut tidak terlalu membungkus iPhone yang dapat menyebabkannya terlalu panas dan berdampak negatif pada kesehatan baterainya. Jika perlu, lepaskan casing iPhone saat mengisi daya perangkat untuk mencegah masalah ini.

9. Perbarui ke versi iOS terbaru

foto: freepik/rawpixel.com

Menjaga perangkat lunak iPhone diperbarui juga dapat membantu menjaga kesehatan baterainya. Seiring berjalannya waktu, iPhone menerima pembaruan perangkat lunak yang meningkatkan kecepatan dan kinerjanya. Ini membuat baterai dalam kondisi baik dalam jangka panjang.

Selain itu, pembaruan ini sering kali dilengkapi dengan fitur hemat baterai baru. Misalnya, pengenalan Waktu Layar di salah satu pembaruan membantu melacak berapa banyak waktu yang dihabiskan pengguna di perangkat mereka dan aplikasi mana yang paling sering mereka gunakan. Pengguna kemudian dapat menyesuaikan kebiasaan sehari-hari mereka untuk memastikan mereka tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di ponsel mereka. Buka Pengaturan > Pembaruan Perangkat Lunak > Umum untuk memeriksa apakah pembaruan tersedia untuk perangkat kamu.

10. Isi daya hingga 50 persen sebelum menyimpan iPhone

foto: freepik/rawpixel.com

Tip terakhir berlaku untuk iPhone yang ingin kamu simpan untuk aktu yang relatif lama. Yang perlu kamu lakukan adalah mengisi baterai iPhone hingga sekitar 50 persen dan mematikannya untuk mencegah konsumsi baterai sebelum menyimpannya. Kemudian, atur pengingat untuk mengisi daya iPhone hingga 50 persen lagi setiap enam bulan.

Meskipun tidak ada cara untuk sepenuhnya menghentikan baterai iPhone menjadi kurang efektif seiring waktu, kamu dapat memperpanjang umur perangkat dengan mengambil tindakan pencegahan di atas. Selain membuat iPhone bertahan selama bertahun-tahun, menjaga baterai tetap sehat dapat menghilangkan perlambatan, crash aplikasi, dan banyak lagi. Jadi, gunakan deretan tips di atas untuk menjaga baterai iPhone dalam kondisi baik. 

Advertisement


(brl/red)