10 Fitur tersembunyi di iOS 18, begini cara menyesuaikan dan menggunakannya

Advertisement

Techno.id - iOS 18 adalah pembaruan substansial dari versi sebelumnya. Selain tambahan yang menonjol seperti kustomisasi Layar Beranda, Pesan melalui satelit, dukungan RCS, perombakan Pusat Kontrol, dan banyak lagi, sistem operasi Apple ini juga mengemas beberapa fitur tersembunyi. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Sembunyikan item yang mengganggu di Safari

foto: tangkapan layar

Fitur Kontrol Gangguan iOS 18 bisa menyembunyikan pop-up cookie, iklan, dan item yang mengganggu lainnya di web Safari. Bagian terbaiknya adalah item apa pun yang kamu sembunyikan akan tetap tersembunyi bahkan jika kamu keluar dan mengunjungi kembali situs web tersebut.

Untuk menyembunyikan item, ketuk ikon Menu Halaman di sisi kiri bilah alamat dan pilih Sembunyikan Item yang Mengganggu. Kemudian, ketuk item yang ingin kamu sembunyikan dan ketuk Sembunyikan tombol yang muncul di atasnya. Tekan Selesai untuk menyimpan.

2. Gunakan T9 Dialing untuk menemukan kontak dengan cepat

foto: tangkapan layar

Fitur T9 sejatinya sudah ada di perangkat Android. Kini melalui iOS 18, Apple akhirnya membawa fitur tersebut ke aplikasi Telepon aslinya. Berkat panggilan T9, kamu dapat dengan mudah mencari kontak berdasarkan namanya langsung dari keypad.

Cukup ketuk angka yang sesuai dengan huruf dalam nama orang yang dihubungi, dan itu akan memberi kamu semua hasil yang cocok. Pendekatan ini tidak hanya lebih intuitif, tetapi juga menghemat kerumitan jika kamu harus membuka ke tab Kontak untuk mencari kontak.

3. Jeda perekaman video

foto: tangkapan layar

Meskipun iPhone memiliki kualitas video yang bagus, namun perangkat ini tidak memiliki opsi untuk menjeda rekaman. Karena itu pengguna harus merekam klip secara terpisah dan kemudian mengedit dan menggabungkannya nanti.

Untungnya, Apple menyadari betapa tidak nyamannya ini dan memperkenalkan kemampuan menjeda dengan iOS 18. Sekarang, setiap kali kamu memulai perekaman video, aplikasi Kamera menampilkan tombol jeda di layar. Kamu dapat mengetuknya untuk menjeda rekaman yang sedang berlangsung. Kemudian, ketuk lagi untuk melanjutkan.

4. Tukar kontrol layar kunci

foto: apple

Fitur Android yang akhirnya hadir di iOS adalah kontrol Layar Kunci yang dapat ditukar. Meski kontrol Senter penting di ponsel namun sekarang kamu bisa menggantinya dengan kontrol Kamera untuk mengakses aplikasi Kamera dengan menggesek ke kiri di Layar Kunci.

Dengan cara ini, kamu dapat meluncurkan salah satu aplikasi sesuai kebutuhan. Untuk menukar kontrol Layar Kunci, buka kunci iPhone, ketuk dan tahan Layar Kunci, dan tekan Sesuaikan. Ketuk tombol minus (-) di bagian atas kontrol yang ingin kamu hapus. Terakhir, ketuk tombol plus (+) dan pilih kontrol pilihan kamu di layar berikut.

5. Mengunci dan sembunyikan aplikasi

foto: apple

Mungkin kamu biasa menggunakan aplikasi Pintasan (Shortcut) untuk mengunci aplikasi di iPhone. Namun, cara itu tidak menentu dan terasa lambat. Kini iOS 18 memungkinkan kamu mengunci aplikasi di iPhone secara asli. Dibanding metode Shortcut, tidak hanya terasa alami tetapi juga bekerja lebih andal.

Mengunci dan menyembunyikan aplikasi di iOS 18 itu mudah. Saat mengunci, aplikasi akan terkunci di balik Face ID atau Touch ID, yang membatasi aksesnya secara signifikan. Tetapi jika kamu menginginkan lebih banyak privasi, kamu juga dapat menyembunyikan aplikasi. Ini akan menyembunyikannya dari mana saja kecuali aplikasi Pengaturan, dan kamu juga tidak akan mendapatkan pemberitahuan apa pun.

Advertisement


(brl/red)