10 Fitur tersembunyi di iOS 18, begini cara menyesuaikan dan menggunakannya

Advertisement

10 Fitur tersembunyi di iOS 18

6. Mentranskripsikan memo suara

foto: apple

Berkat iOS 18, sekarang kamu dapat menggunakan fitur transkripsi Memo Suara yang sangat berguna untuk menyalin transkripsi file untuk dikerjakan nanti. Setelah merekam memo, kamu cukup mengetuk ikon gelombang di bawah setiap rekaman, lalu tekan ikon keterangan di pojok kiri bawah, dan itu akan mentranskripsikan semuanya. Kamu kemudian dapat mencari apa pun di memo, menerjemahkannya ke bahasa lain, atau menyalin dan menempelkannya ke aplikasi lain.

7. Sesuaikan sinar senter

foto: appleinsider

Apple telah lama menawarkan kemampuan untuk menyesuaikan intensitas sinar senter di iPhone. Namun, mulai dengan iOS 18, kamu dapat menyesuaikan lebarnya dan membuat balok lebar atau sempit sesuai kebutuhan.

Meskipun mungkin terdengar gimmick, fitur ini cukup berguna dalam beberapa scenario, misalnya untuk melihat port di bagian belakang TV yang dipasang di dinding. Mempersempit sinar senter memungkinkan kamu menemukan port yang benar dengan cepat.

Untuk menyesuaikan lebar sinar senter, aktifkan, lalu geser jari kamu secara horizontal pada sinar di Dynamic Island. Kamu akan melihat sinar menjadi lebih lebar atau lebih sempit. Kamu masih bisa menggeser jari secara vertikal untuk menyesuaikan intensitas sinar. Sayangnya, fitur ini tidak tersedia pada iPhone 14 standar dan model lama dengan takik.

8. Konversi satuan di aplikasi kalkulator

foto: apple

Aplikasi kalkulator di iPhone kini mendapat fitur tambahan setelah diluncurkan iOS 18. Salah satu fiotur tambahan tersebut adalah konversi satuan, yang memungkinkan kamu mengonversi sejumlah unit, termasuk mata uang.

Mengonversi satuan di Kalkulator itu mudah. Ketuk ikon kalkulator di pojok kiri bawah dan aktifkan tombol Konversi untuk memunculkan konverter. Kemudian, pilih satuan dan ketik nilai yang ingin kamu konversi. Kamu akan mendapatkan yang setara di unit lain.

9. Menyesuaikan koleksi di aplikasi Foto

foto: apple

Aplikasi Foto telah mendapatkan desain ulang yang signifikan di iOS 18. Tidak seperti sebelumnya, tidak lagi memiliki tab di bagian bawah. Sebagai gantinya, ini menampilkan perpustakaan terpadu dengan semua foto, video, dan koleksi kamu (album, orang, dan lainnya) pada satu halaman secara default.

Dengan demikian, kamu bisa menggunakan opsi Customize & Reorder di bagian bawah halaman utama untuk menyesuaikan tampilan. Kamu cukup membatalkan pilihan tombol radio di sebelah koleksi yang tidak ingin dilihat. Kamu bahkan dapat mengubah urutan kemunculan koleksi di aplikasi.

10. Cari riwayat panggilan

foto: freepik/thanyakij-12

iOS 18 memperkenalkan fitur riwayat panggilan yang dapat dicari. Sekarang kamu dapat dengan cepat dan mudah mencari riwayat panggilan di aplikasi Telepon untuk mencari panggilan sebelumnya dengan seseorang.

Kamu dapat melakukan ini dengan mengetikkan nama atau nomor seseorang. Selain itu, kamu juga dapat mengetik bulan, diikuti dengan nama atau nomor, untuk menemukan riwayat panggilan dengan kontak tersebut di bulan tertentu.

Advertisement


(brl/red)