10 Penyebab baterai ponsel cepat habis dan cara memperbaikinya

Advertisement

Cara mengatasi baterai ponsel cepat drop

6. Efek panas

foto:freepik/pvpproductions

Panas juga merupakan faktor yang menyebabkan baterai lebih cepat habis. Hal ini terjadi karena perangkat akan sedikit melambat ketika menjadi panas. Karena itu hindari menggunakan ponsel dalam kondisi panas seperti di bawah sinar matahari karena smartphone memiliki mode kecerahan otomatis, yang membuat layar benar-benar cerah. Akibatnya akan menyedot daya baterai.

7. Internet selalu aktif

foto: unsplash/sten ritterfeld

Internet dan Wi-Fi dapat menguras baterai dengan cepat saat tidak digunakan. Ponsel secara konstan mencari jaringan yang dapat menguras baterai. Ketika kamu membiarkan WiFi menyala, hal itu akan menguras baterai lebih cepat.

Karena itu ketika kamu sedang tidak membutuhkan internet, sebaiknya nonaktifkan WiFi atau data untuk menghemat penggunaan baterai.  

8. Aplikasi pelacakan lokasi

foto: freepik

Ada banyak aplikasi yang dapat melacak lokasi pengguna. Google Maps, Grab, Gojek, dan masih banyak lagi. Mungkin kamu berpikir bahwa aplikasi-aplikasi tersebut hanya melacak lokasi ketika kamu menggunakannya secara langsung. Tapi faktanya tidak demikian.

Aplikasi-aplikasi tersebut akan terus melacak lokasi kamu. Pemantauan lokasi secara konstan ini membutuhkan energi dan dapat menguras daya baterai ponsel. Cara termudah untuk menonaktifkan pelacakan lokasi adalah dengan mematikan lokasi ponsel sama sekali.

9. Menggunakan aplikasi pihak ketiga

foto: freepik/rawpixel.com

Mereka yang menggunakan aplikasi pihak ketiga dan mengunduhnya dari situs web yang berbeda bisa berada dalam bahaya. Sebab aplikasi-aplikasi tersebut dapat meretas ponsel kamu.

Selain itu, aplikasi-aplikasi tersebut dapat menggunakan sumber daya ketika kamu memberikan izin yang berakibat pada pengurasan baterai.

10. Kebiasaan pengisian daya

foto: freepik/rawpixel.com

Dianjurkan jangan selalu mengisi daya ponsel hingga 100% dan mengosongkannya hingga 0% karena baterai memiliki siklus pengisian daya yang terbatas. Kecuali jika kamu ingin mengalibrasi seperti diungkapkan di atas yang dilakukan secara periodik tertentu. 

Berbeda jika kamu sering mengisi daya sampai 100% atau sebaliknya menggunakan baterai hingga 0%. Kebiasaan ini dapat menyebabkan kondisi baterai kamu cepat rusak.

Alih-alih mengisi daya ponsel sepenuhnya, cobalah untuk mengisi daya 80% atau 90% dan mengosongkannya hingga 30%. Dengan cara ini, kamu dapat menghemat waktu pengisian daya ponsel, dan masa pakai baterai juga akan meningkat.

Advertisement


(brl/red)