10 Perintah Run yang wajib diketahui setiap pengguna Windows, ini fungsinya

Advertisement

10 Perintah Run di Windows

6. Buat koneksi jarak jauh menggunakan perintah mstsc

foto: tangkapan layar

Mstsc mengacu pada Klien Layanan Terminal Microsoft, yang biasanya dikenal sebagai Koneksi Desktop Jarak Jauh. Cukup ketik mstsc di jendela Run dan buat koneksi desktop jarak jauh. Kamu juga dapat menyesuaikan pengaturan desktop jarak jauh dengan mengubah ukuran, warna, audio, dan lainnya.

Perintah ini sangat cocok untuk pekerjaan jarak jauh, dukungan teknis, atau mengakses file di PC lain. Misalnya, kamu dapat menyambungkan ke komputer kantor dari rumah atau membantu teman memecahkan masalah.

7. Kalibrasi layar dengan perintah dccw

foto: tangkapan layar

Ingin mengkalibrasi monitor untuk warna yang akurat? Coba gunakan perintah dccw. Menjalankan perintah ini akan membuka alat Kalibrasi Warna Tampilan, yang memandu kamu menyesuaikan pengaturan warna monitor. Akurasi warna yang buruk bisa membuat frustrasi, terutama bagi desainer grafis atau fotografer.

Untuk memastikan bahwa warna ditampilkan dengan benar saat mengkalibrasi, ikuti petunjuk langkah demi langkah di jendela kalibrasi perintah dccw. Selain itu, perintah ini memandu kamu menyesuaikan gamma, kecerahan, kontras, dan keseimbangan warna.

8. Hapus sampah dan file lama menggunakan perintah cleanmgr

foto: tangkapan layar

Seiring waktu, komputer akan mengumpulkan file yang tidak perlu. Agar komputer tetap bekerja dengan lancar, kamu perlu menghapus file-file ini. Kamu dapat melakukannya dalam beberapa langkah dengan mengetikkan perintah cleanmgr di kotak dialog Run.

Dengan perintah cleanmgr, kamu dapat memindai drive spesifik dan menghapus file sementara, cache sistem, item daur ulang, dan data lain yang tidak perlu. Ini adalah cara cepat untuk mendapatkan kembali ruang disk dan meningkatkan kinerja sistem.

9. Pantau kinerja PC dengan perintah resmon

foto: tangkapan layar

Ingin mengawasi kinerja PC? Coba perintah resmon. Perintah ini membuka Monitor Sumber Daya, yang menampilkan data real-time pada sumber daya sistem, seperti memori, disk, CPU, dan penggunaan jaringan.

Jika komputer kamu lemot, perintah resmon dapat membantu mengidentifikasi proses mana yang memakan sumber daya. Perintah ini seperti melakukan pemeriksaan kesehatan untuk PC serta menemukan masalah dan ambil tindakan sebelum menjadi masalah yang lebih besar.

10. Navigasi secara efisien dengan perintah "." dan ".."

foto: tangkapan layar

Kamu dapat menggunakan perintah titik tunggal (.) dan titik ganda (..)dengan cd di command prompt, PowerShell, atau terminal lain untuk mengubah direktori. Perintah titik tunggal dan titik ganda mungkin tampak sederhana, tetapi sangat berguna untuk menavigasi sistem file Windows.

Dalam dialog Run ketik titik tunggal (.) untuk membuka direktori beranda pengguna saat ini. Sementara titik ganda (..) untuk membuka direktori Pengguna. Perintah ini adalah pintasan untuk navigasi cepat melalui sistem file, sangat berguna untuk mengakses file dan folder khusus pengguna.

Advertisement


(brl/red)