10 Tips dan trik mengubah smartphone Android lama menjadi perangkat serbaguna

Advertisement

Techno.id - Jika kamu memiliki satu atau dua ponsel Android lama tergeletak di rumah, kamu bisa menyulapnya menjadi perangkat serbaguna. Artinya kamu tidak perlu gadget khusus ketika ponsel lama kamu bisa digunakan kembali. Seandainya ingin menjual ponsel lama, harganya juga sudah pasti menurun drastis dibanding pertama kali kamu membelinya.

Jadi ketimbang dijual, lebih baik fungsikan ponsel lama kamu menjadi perangkat serbaguna. Kamu hanya membutuhkan beberapa trik agar ponsel Android lama kamu menjadi perangkat untuk berbagai keperluan. Berikut tips dan trik mengubah ponsel Android lama menjadi perangkat serbaguna.  

1. Gunakan kembali sebagai perangkat penyimpanan

foto: freepik/mrdm

Salah satu cara paling serbaguna untuk menggunakan ponsel lama adalah menyulapnya menjadi perangkat penyimpanan sebagai pengganti drive eksternal. Tentu saja USB stick atau SSD eksternal dapat mencapai kecepatan transfer yang sangat cepat, tetapi kamu harus mengeluarkan biaya untuk membelinya. Selain itu, USB stick atau SSD eksternal tidak mendukung Bluetooth atau Wi-Fi untuk transfer nirkabel atau layar dan speaker untuk menampilkan dan memutar media yang kamu simpan.

Sementara kamu memiliki ponsel Android lama yang mendukung Wi-Fi dan Bluetooth, termasuk memiliki kapasitas penyimpanan 16GB atau 32GB yang dapat menyimpan lebih dari 26 ribu foto dengan kapasitas 12MP, lebih dari 10 ribu lagu yang masing-masing 3MB, atau 168 menit video 1080p. Belum lagi banyak ponsel Android lama memiliki slot kartu SD yang memungkinkan kamu untuk memperluas penyimpanan secara signifikan.

2. Gunakan sebagai speaker pintar mini

foto: freepik/eyeem

Ponsel Android lama yang mendukung Asisten Google adalah speaker rumah pintar yang sempurna. Di satu sisi, perangkat tersebut bahkan lebih baik karena kamu dapat menggunakannya tanpa kabel.

Kamu hanya perlu mengaktifkan semua fitur handsfree Asisten sehingga dapat menggunakannya bahkan ketika telepon terkunci. Kamu dapat menghubungkannya secara permanen ke speaker Bluetooth jika ingin sekeras speaker pintar sungguhan.

3. Gunakan sebagai remote TV dan perangkat streaming

foto: freepik

Banyak ponsel Android lama memiliki blaster IR, yang berarti kamu dapat menggunakannya sebagai remote tradisional untuk perangkat dengan sensor IR, seperti TV. Jika ponsel lama kamu tidak memilikinya, kamu masih dapat menghubungkannya ke smart TV dan menggunakan pencerminan layar untuk menonton acara TV.

4. Gunakan sebagai mobil mini multimedia dan dash cam

foto: freepik/zaintanwar250

Kamu bisa menjadikan ponsel lama sebagai Android Auto, Google Maps, dan Spotify. Jika tidak ingin menghabiskan uang untuk stereo mobil baru, cukup sambungkan telepon lama ke stereo mobil yang sudah ada di mobil. Ponsel ini juga dapat berfungsi ganda sebagai kamera dasbor. Jadi ponsel lama kamu bisa menjadi solusi multimedia permanen untuk mobil.

5. Jadikan Android Auto di sepeda

foto: freepik/rawpixel.com

Jika menginginkan pengalaman Android Auto di sepeda, cukup gunakan ponsel Android lama. Dengan cara ini, kamu tidak akan merusak ponsel utama jika terjadi kecelakaan, dan getaran konstan tidak akan merusak optical image stabilization (OIS) kamera.

Advertisement


(brl/red)