10 Tips dan trik mengubah smartphone Android lama menjadi perangkat serbaguna

Advertisement

Cara mengubah ponsel lama jadi perangkat serbaguna

6. Jadikan perangkat dapur untuk melihat resep

foto: freepik

Tablet dapur atau ponsel yang ditinggalkan secara permanen di dudukan ponsel di atas meja adalah cara terbaik untuk menemukan dan mengikuti resep melalui YouTube. Cukup atur batas waktu layar menjadi 30 menit dan buat layar beranda yang didedikasikan untuk aplikasi dan situs web memasak favorit. Kamu akan selalu memiliki perangkat yang siap digunakan dalam sekejap.

7. Gunakan sebagai webcam PC

foto: techno.id/yani andriyansyah

Smartphone biasanya memiliki kamera yang cukup bagus, karena itu dapat dijadikan webcam yang solid. Ambil dudukan ponsel monitor sederhana dan gunakan port USB cadangan untuk mengisi daya telepon.

8. Ubah menjadi kamera keamanan

foto: freepik/phonlamaistudio

Ponsel lama sudah memiliki semua yang kamu butuhkan di kamera keamanan, kamera solid, mikrofon, Wi-Fi, dan penyimpanan. Kamera keamanan pintar mahal dan bisa dibilang lebih rentan terhadap peretasan daripada smartphone.

9. Gunakan sebagai handheld

foto: razer

Jika kamu tidak ingin menghabiskan uang untuk perangkat genggam khusus, telepon lama dapat melakukan triknya. Ponsel lama bisa lebih nyaman jika kamu ingin memasang pengontrol game secara permanen ke ponsel. Kamu bisa offloading beberapa game dan emulator ke ponsel lama untuk menghemat penyimpanan.

Jadi jika ingin bermain game, kamu bisa menggunakan ponsel lama ketimbang menggunakan ponsel utama yang bisa berdampak pada masa pakai baterainya. Selain itu, dengan menggunakan ponsel lama kamu juga terhindar dari notifikasi yang mengganggu.

10. Ubah menjadi bingkai foto atau kalender

foto: freepik

Jika ponsel lama kamu sudah sangat tua dan lamban sehingga tidak dapat menggunakannya untuk sesuatu yang fungsional, kamu setidaknya dapat menggunakannya sebagai bagian dekoratif karena tidak menuntut pemrosesan lanjutan.

Letakkan di dudukan, colokkan untuk mengisi daya, dan nyalakan aplikasi galeri foto yang mendukung tayangan slide baik dari cloud atau penyimpanan perangkat. Kamu juga dapat menjadikan ponsel lama sebagai kalender digital. Keren kan!

Advertisement


(brl/red)