10 Tips dan trik merapikan ponsel cerdas tanpa pengaturan ulang ke setelan pabrik

Advertisement

Cara merapikan ponsel tanpa reset ulang

5. Kosongkan cache aplikasi

foto: freepik/creativeart

Cache adalah tempat aplikasi menyimpan file yang diperlukan untuk sementara sehingga tidak perlu mengunduhnya kembali. Tujuannya untuk mempercepat ponsel. Sayangnya, cache aplikasi sering menumpuk file sehingga memenuhi ruang penyimpanan. Kosongkan cache aplikasi.

Jika kamu menggunakan Android, buka Pengaturan > Aplikasi, lalu pilih aplikasi dan pilih Kosongkan cache. Untuk browser, kamu akan mendapatkan lebih banyak opsi seperti menghapus cache tanpa menghapus cookie masuk di dalam browser itu sendiri.

iDi iPhone buka Pengaturan > Umum > penyimpanan iPhone, pilih aplikasi, lalu pilih Bongkar App. Ini akan menghapus aplikasi dari ponsel kamu termasuk cache dan data pengguna.  Setelah itu kamu dapat segera mengunduhnya kembali.

6. Nonaktifkan semua notifikasi yang tidak perlu

foto: freepik/creativeart

Sebagian besar aplikasi akan membombardir kamu dengan pemberitahuan push. Lama kelamaan, pusat pemberitahuan akan menjadi tempat sampah.  Karena itu mematikan pemberitahuan push yang tidak diperlukan tidak hanya membuat ponsel lebih bersih dan tidak terlalu mengganggu, tetapi juga meningkatkan masa pakai baterai. Kamu hanya memerlukan notifikasi utama seperti pesan dan email.

Menonaktifkan notifikasi aplikasi di Android itu mudah, buka Pengaturan > Pemberitahuan > Pengaturan aplikasi dan pilih aplikasi. Sebagian besar aplikasi akan memiliki beberapa saluran notifikasi, sehingga memudahkan untuk menonaktifkannya.

7. Copot pemasangan atau batasi aplikasi yang tidak digunakan

foto: freepik

Banyak pengguna memiliki aplikasi acak digunakan, tetapi sebaliknya banyak juga aplikasi yang sebenarnya tidak terlelu dibutuhkan. Karena itu sebaiknya hapus aplikasi yang tidak kamu butuhkan. Jika karena alasan tertentu aplikasi tidak dapat dihapus setidaknya batasi agar tidak berjalan di latar belakang sekaligus dapat menghemat baterai.

Buka Pengaturan > Aplikasi di Android dan hapus semua izin. Aplikasi dapat memintanya lagi saat diluncurkan berikutnya. Lebih baik lagi, aktifkan fitur Baterai Adaptif Android di Pengaturan > Baterai > Penghemat Baterai > Baterai Adaptif. Baterai Adaptif mempelajari aplikasi mana yang paling sering kamu gunakan dan menempatkan aplikasi yang relatif tidak tersentuh ke dalam hibernasi.

Sementara manajemen aplikasi latar belakang iPhone semuanya manual. Masuk ke Pengaturan > Umum > Penyegaran Aplikasi Latar Belakang dan kamu akan mendapatkan daftar sakelar untuk semua aplikasi. Matikan sakelar untuk aplikasi yang jarang digunakan agar tidak menguras baterai di latar belakang.

8. Menata ulang layar utama

foto: freepik/furkanozel/ai generative (midjourney 5.2)

Sebaiknya kamu menata tampilan layar beranda. Simpan aplikasi yang paling sering digunakan pada satu halaman layar beranda yang dibagi ke dalam folder. Di Android, kamu dapat menemukan rangkaian penyesuaian layar beranda dan layar kunci yang komprehensif di Pengaturan > Wallpaper & Gaya.

Kamu dapat memperbesar ukuran kisi, mengubah skema aksen warna, mengatur wallpaper harian, tema ikon, dan banyak lagi. Kamu dapat mengakses pengaturan ini dengan cepat dari layar beranda dengan menyentuh dan menahan ruang kosong.

Untuk mengubah latar belakang di iPhone, sentuh dan tahan Layar Terkunci. Dari sana, kamu dapat menambahkan wallpaper baru, mengubah tanggal dan jam, serta widget. Di layar utama, sentuh dan tahan ruang kosong untuk membuat aplikasi bergoyang dengan cepat untuk diedit. Hapus semua widget yang tidak digunakan karena ini menguras baterai.

9. Perbarui pengaturan privasi dan kata sandi lama

foto: freepik/rawpixel.com

Aplikasi favorit mungkin mencuri lebih banyak data tanpa kamu sadari. Jika aplikasi tidak memerlukan izin khusus atau kamu tidak terlalu sering menggunakan izin tersebut, batasi karena kemungkinan besar kamu akan menghemat baterai untuk boot.

Di Android, buka Pengaturan > Keamanan dan Privasi > Privasi dan buat perubahan dari dasbor privasi. Android juga dapat secara cerdas menghapus izin yang tidak digunakan dari waktu ke waktu di Pengaturan > Aplikasi > [Aplikasi kamu] > Jeda aktivitas aplikasi jika tidak digunakan.

Di iPhone, lakukan hal yang sama dari Pengaturan > Privasi & Keamanan. Hapus izin apa pun yang tidak diperlukan. Disarankan untuk menghapus aplikasi apa pun dari bagian izin pelacakan. Berhati-hatilah dengan aplikasi yang mendapatkan data lokasi.

Jika kamu salah satu dari orang yang menggunakan kata sandi sama di mana-mana, sekaranglah waktunya untuk berhenti dari cara tersebut karena sangat berisiko. Disarankan untuk mulai menggunakan pengelola kata sandi pihak ketiga, seperti Dashlane. Pengelola kata sandi iPhone lebih kaya fitur dan memiliki opsi Ubah Kata Sandi yang membawa kamu langsung ke situs untuk melakukannya sendiri. Saat Anda memperbarui kata sandi, pastikan juga mengaktifkan autentikasi dua faktor.

10. Hapus catatan

foto: freepik/pressfoto

Aplikasi catatan pilihan dapat dengan cepat menjadi sarang sampah. Banyak orang menyimpan informasi sensitif dalam catatan mereka, seperti kata sandi. Hal itu sangat berisiko jika perangkat kamu hilang. Jika kamu memiliki sesuatu yang tidak ingin ditemukan orang lain, disarankan untuk menguncinya dengan kata sandi atau autentikasi biometrik, fitur bawaan untuk aplikasi seperti Apple Notes.

Menghapus catatan lama mungkin hanya menghemat beberapa megabita, tetapi fokus utama di sini adalah membuat sistem yang terorganisir.

Advertisement


(brl/red)