11 Cara memperbaiki masalah terhubung ke WiFi, tetapi tidak ada akses internet di Windows

Advertisement

Techno.id - Kamu mungkin pernah mengalami masalah laptop Windows 10 atau 11 yang kamu gunakan terhubung ke Wi-Fi tetapi ada notifikasi tidak memiliki akses internet. Masalah ini sering terjadi. Jika kamu di rumah, biasanya jaringan Wi-Fi dibangkitkan dengan menggunakan Router, perangkat yang mengelola koneksi jaringan internet untuk perangkat di rumah. Router dihubungkan ke modem, perangkat yang menjembatani lalu lintas di jaringan rumah ke internet yang lebih luas.

Saat kamu melihat pesan kesalahan seperti Terhubung, tidak ada akses internet atau Terhubung tetapi tidak ada internet di komputer, itu berarti komputer kamu terhubung ke Router dengan benar, tetapi tidak dapat menjangkau internet. Sebaliknya, jika kamu melihat pesan Tidak terhubung, tidak ada internet atau Tidak ada koneksi internet, itu berarti komputer kamu tidak terhubung ke router sama sekali. Berikut cara memperbaikinya.

1. Konfirmasikan perangkat lain juga tidak dapat terhubung

foto: freepik/eyeem

Sebelum melakukan pemecahan masalah, penting untuk menentukan apakah PC kamu adalah satu-satunya perangkat yang tidak memiliki koneksi internet. Ambil ponsel atau perangkat lain yang terhubung ke jaringan Wi-Fi, dan lihat apakah sedang online-coba streaming video YouTube untuk memeriksanya.

Pada beberapa versi Android, masalah ini ditunjukkan dengan ikon X di atas simbol Wi-Fi di bilah status kamu. Pengguna iPhone dan iPad dapat mengunjungi Pengaturan > Wi-Fi dan memeriksa pesan Tidak Ada Koneksi Internet di bawah nama jaringan kamu.

Jika komputer Windows kamu tidak dapat terhubung tetapi perangkat lain dapat terhubung, kemungkinan besar ini disebabkan pengaturan yang salah konfigurasi pada PC. Tetapi jika tidak memiliki internet di setiap perangkat, masalahnya terletak pada peralatan jaringan dan dengan demikian kamu dapat melewati beberapa langkah khusus PC.

Sebelum melanjutkan, jika masalah memengaruhi semua perangkat, kamu harus melakukan pengujian cepat. Putuskan sambungan kabel Ethernet yang menghubungkan modem ke router, dan gunakan untuk menghubungkan PC ke modem secara langsung.

Jika kamu dapat online dengan pengaturan ini, masalahnya ada pada router. Jadi, jika kamu melanjutkan melalui pemecahan masalah berikut dan tidak menemukan perbaikan untuk masalah tersebut, kemungkinan besar router kamu rusak.

2. Mulai ulang PC

foto: freepik/frolopiaton-palm

Seperti banyak masalah lainnya, me-reboot komputer adalah langkah pemecahan masalah pertama yang harus kamu coba. Jika beruntung, kamu dapat menghapus bug sementara dengan memulai ulang, yang akan memperbaiki masalah koneksi jaringan PC. Sebagian besar saran ini mengasumsikan kamu menggunakan koneksi Wi-Fi, karena lebih sering mengalami masalah.

Namun, jika kamu menyambungkan komputer ke router dengan kabel Ethernet, kamu juga harus mencoba kabel lain untuk memastikan bahwa kabel tidak rusak.

3. Mulai ulang modem dan router

foto: freepik/escapejaja

Karena sebagian besar masalah jaringan melibatkan modem dan router, mem-boot ulang keduanya adalah langkah awal yang bijaksana. Meskipun beberapa router menawarkan opsi untuk mem-boot ulang melalui antarmuka webnya, kamu tidak perlu melakukannya. Cabut steker listrik dari kedua perangkat dan biarkan dicabut selama beberapa menit atau gunakan tombol daya fisik jika ada.

Nyalakan kembali modem terlebih dahulu, biarkan modem menyala sepenuhnya sebelum kamu mencolokkan router lagi. Tunggu beberapa menit untuk memastikan keduanya berjalan. Saat melakukan ini, konfirmasikan bahwa router dan modem berfungsi dengan baik. Jika tidak melihat lampu apa pun di salah satu perangkat, atau lampu tampak merah atau berkedip dalam pola yang tidak teratur, kamu mungkin memiliki masalah perangkat keras jaringan yang buruk. Jika komputer mengatakan “tidak ada internet” bahkan setelah ini, masalah kamu lebih kompleks daripada reboot dasar.

4. Nonaktifkan koneksi VPN apa pun

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Menggunakan VPN memiliki manfaat, tetapi juga menambahkan lapisan pada pengaturan koneksi internet. Akibatnya, apa yang menurut kamu merupakan masalah dengan koneksi jaringan rumah bisa menjadi masalah dengan VPN. Terkadang VPN akan habis waktunya jika kamu terhubung terlalu lama saat PC tidak digunakan, atau kamu mungkin menggunakan server yang kelebihan beban yang tidak dapat menangani koneksi.

Jika kamu menjalankan VPN, baik melalui aplikasi, koneksi manual di Windows, atau router, nonaktifkan dan coba online lagi. Jika itu tidak memperbaikinya, matikan VPN selama sisa pemecahan masalah untuk mengurangi jumlah variabel.

5. Jalankan pemecah masalah jaringan Windows

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Jika kamu hanya mengalami masalah dengan PC Windows, kemungkinan ada yang salah dengan pengaturan jaringan komputer. Meskipun pemecah masalah Windows bawaan biasanya tidak memperbaiki masalah, ada baiknya dicoba sebelum melanjutkan ke langkah yang lebih lanjut.

Untuk mengakses pemecah masalah jaringan di Windows 10, kunjungi Pengaturan > Jaringan & Internet > Status. Pilih Pemecah masalah jaringan dan ikuti langkah-langkah untuk melihat apakah Windows dapat memperbaiki masalah tersebut.

Di Windows 11, kamu akan menemukan alat ini di Pengaturan > Sistem > Pemecahan masalah > Pemecah masalah lainnya > Jaringan dan Internet.

6. Periksa pengaturan alamat IP

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Selanjutnya, kamu harus melalui salah satu langkah kunci untuk mendiagnosis masalah jaringan, mengonfirmasi bahwa komputer kamu memiliki alamat IP yang valid. Di sebagian besar jaringan rumah, dalam keadaan normal, router membagikan alamat ke perangkat saat mereka terhubung. Jika pengaturan IP komputer kamu tidak benar, ini dapat menyebabkan masalah "tidak ada akses internet" atau konflik IP.

Tinjau pengaturan IP di Windows 10

Saat menggunakan Windows 10, kembali ke Pengaturan > Jaringan & Internet > Status. Klik entri Ubah opsi adaptor, lalu klik dua kali koneksi yang kamu gunakan.

Setelah membuka jendela dengan informasi tentang koneksi, klik tombol Properties. Temukan Protokol Internet Versi 4 dalam daftar dan klik dua kali.

Di sana, pastikan kamu telah Mendapatkan alamat IP secara otomatis dan Mendapatkan alamat server DNS secara otomatis, keduanya dipilih. Menyetel alamat IP secara manual adalah untuk penggunaan lanjutan. kemungkinannya adalah jika kamu  memasukkan sesuatu di sini, itu tidak valid. Klik OK setelah mengatur keduanya untuk menggunakan nilai otomatis, lalu coba online lagi.

Periksa Opsi IP di Windows 11

Jika menggunakan Windows 11, buka Pengaturan lagi dan buka Jaringan & internet. Klik Pengaturan jaringan lanjutan di bagian bawah daftar, lalu pilih koneksi jaringan yang kamu gunakan. Di daftar yang diperluas, pilih Lihat properti tambahan di bagian bawah.

Pada menu yang dihasilkan, pastikan penetapan IP dan penetapan server DNS keduanya disetel ke Otomatis (DHCP). Jika tidak, klik tombol Edit di sebelahnya dan ubah keduanya menjadi Otomatis. Setelah kamu mengonfirmasi ini, coba sambungkan lagi.

Advertisement


(brl/red)