12 Cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu menghemat baterai iPhone   

Advertisement

12 Cara menghemat baterai iPhone

6. Atur kunci otomatis lebih cepat

foto: freepik/pressfoto

Mengunci otomatis ponsel lebih cepat menghemat baterai. Saat ponsel selalu menampilkan sesuatu, baik kecerahannya rendah atau tidak, ponsel selalu membutuhkan daya. Perbaikan cepatnya adalah mengunci ponsel, tetapi kamu juga dapat menyesuaikan fitur kunci agar terkunci secara otomatis.

Pilih opsi kunci otomatis yang paling cocok. Apa pun yang kurang dari opsi Tidak Pernah, meningkatkan masa pakai baterai. Semakin sering durasi penguncian, semakin banyak penghematan baterai.

Untuk mengatur penguncian otomatis, buka Pengaturan, ketuk Tampilan & Kecerahan, pilih Penguncian Otomatis, lalu pilih waktu dari 30 detik hingga 5 menit.

7. Matikan pelacakan kebugaran

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Dengan penambahan motion co-processor sejak iPhone 5S dan model yang lebih baru, iPhone dapat melacak langkah dan aktivitas kebugaran lainnya. Ini adalah fitur hebat bagi mereka yang ingin tetap bugar. Tetapi pelacakan tanpa henti membutuhkan masa pakai baterai.

Untuk menonaktifkan fitur tersebut jika kamu tidak menggunakan iPhone untuk melacak gerakan atau memiliki gelang kebugaran, buka Pengaturan > Privasi (atau Privasi & Keamanan) > Gerakan & Kebugaran, lalu matikan Pelacakan Kebugaran.

8. Matikan equalizer

foto: freepik

Aplikasi Musik di iPhone memiliki fitur equalizer yang menyesuaikan musik untuk meningkatkan bass, mengurangi treble, dan penyempurnaan audio lainnya. Karena penyesuaian ini dilakukan dengan cepat, penyesuaian ini membutuhkan daya baterai ekstra. Matikan equalizer untuk menghemat baterai.

Untuk menghemat masa pakai baterai di iPhone kamu dengan menonaktifkan fitur equalizer, buka Pengaturan dan buka Musik > EQ > Nonaktif.

9. Matikan AirDrop jika tidak digunakan

foto: apple

AirDrop adalah fitur berbagi file nirkabel yang diperkenalkan Apple sejak iOS 7. Fitur ini bisa sangat berguna. Untuk menggunakan AirDrop di iPhone, nyalakan Wi-Fi dan Bluetooth, lalu atur ponsel untuk mencari perangkat lain yang mendukung AirDrop.

Seperti halnya fitur apa pun yang menggunakan teknologi nirkabel, semakin sering kamu menggunakannya, semakin banyak daya baterai yang digunakannya. Untuk menghemat daya iPhone, matikan AirDrop saat kamu tidak menggunakannya.

Kontrol apakah penerimaan AirDrop aktif atau nonaktif melalui Pusat Kontrol. Gesek ke bawah dari atas layar atau ke atas dari bawah, lalu ketuk AirDrop. Pilih Menerima Nonaktif untuk menonaktifkannya. Cara lain untuk menyesuaikan cara kerja AirDrop adalah melalui Pengaturan > Umum > AirDrop.

10. Jangan mengunggah foto ke iCloud secara otomatis

foto: freepik/rawpixel.com

Setiap kali kamu mengunggah data, baterai akan habis. Pastikan kamu mengupload secara manual, bukan melakukannya secara otomatis di latar belakang. Karena aplikasi Foto dapat mengunggah gambar secara otomatis ke akun iCloud kamu. Matikan unggahan otomatis dan unggah hanya dari komputer atau saat baterai kamu penuh.

Untuk memeriksa apakah foto selalu diunggah ke iCloud, buka Pengaturan, ketuk Foto di perangkat lama, ketuk Foto & Kamera, lalu matikan Foto iCloud atau Perpustakaan Foto iCloud.

11. Nonaktifkan getaran

foto: freepik/whoisdanny

iPhone dapat bergetar untuk ketika ada panggilan dan peringatan lainnya. Tetapi untuk bergetar, ponsel harus memicu motor yang menggerakkan perangkat, tentu saja ini membutuhkan daya baterai. Jika nada dering atau nada peringatan diatur di perangkat, getaran tidak diperlukan.

Alih-alih menjaga getaran tetap menyala sepanjang waktu, gunakan hanya saat diperlukan, seperti saat dering dimatikan. Untuk mematikan fitur ini, buka Pengaturan dan buka Suara atau Suara & Haptik, lalu matikan Getar saat Berdering.

12. Gunakan mode daya rendah

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Saat kamu perlu menghemat masa pakai baterai di iPhone dan tidak ingin mematikan pengaturan satu per satu, coba fitur yang diperkenalkan sejak iOS 9 yang disebut Mode Daya Rendah.

Mode Daya Rendah mematikan semua fitur yang tidak penting di iPhone untuk menghemat daya sebanyak mungkin. Apple mengklaim bahwa menyalakan ini akan menambah masa pakai baterai hingga tiga jam.

Aktifkan Mode Daya Rendah dari Pengaturan > Baterai. Cara lain adalah melalui Pusat Kontrol. Ketuk ikon baterai untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya.

Advertisement


(brl/red)