17 Cara memperbaiki masalah Wi-Fi berhenti berfungsi di iPhone
Techno.id - Kamu pernah mengalami koneksi Wi-Fi di iPhone sering putus-nyambung? Jangan khawatir, kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan cara yang mudah. Perbaikan ini bisa membantu kamu mendiagnosis masalah Wi-Fi tidak bisa online. Berikut caranya.
-
5 Cara memperbaiki koneksi Wi-Fi yang terus terputus di iPhone Ada berbagai alasan mengapa iPhone kamu terus terputus dari Wi-Fi
-
Cara setel ulang pengaturan jaringan di iPhone untuk memperbaiki masalah konektivitas Tips ini sangat efektif untuk memperbaiki masalah Wi-Fi, seluler, dan jaringan lainnya di iPhone
-
Cara mudah mengatasi Wi-Fi tersambung namun tidak ada koneksi internet, ini yang perlu diperhatikan Setting atau restart router Wi-Fi.
1. Mengaktifkan dan menonaktifkan Wi-Fi
Hal pertama yang bisa kmau lakukan untuk memecahkan masalah internet adalah mematikan Wi-Fi di Pengaturan > Wi-Fi dan menunggu setidaknya satu menit sebelum menyalakannya kembali. Bisa jadi tumpukan perangkat lunak Wi-Fi di iOS tidak bebas bug. Beralih ke Wi-Fi dapat mengatasi masalah ini. Jangan menonaktifkan Wi-Fi melalui Pusat Kontrol, karena cara itu tidak benar-benar mematikan radio Wi-Fi di iPhone. Jika ikon Wi-Fi di bilah status iOS menghilang sebentar sebelum muncul kembali, ini adalah tanda bahwa tumpukan perangkat lunak Wi-Fi baru saja macet.
2. Mulai ulang iPhone
Mulai ulang cepat dapat menyelesaikan masalah perangkat lunak umum yang dihadapi iPhone. Untuk mencapai layar slide-to-power-off, buka Pengaturan > Umum > Matikan atau sentuh dan tahan tombol Daya di sudut kanan atas Pusat Kontrol. Jika sistem menjadi tidak responsif, mulai ulang paksa iPhone. Setelah dimulai ulang, periksa kembali apakah Wi-Fi diaktifkan di Pengaturan dan jaringan Wi-Fi pilihan kamu tercantum di sana.
3. Periksa kabel dan koneksi jaringan
Jika kamu menggunakan router atau modem, periksa semua titik koneksi untuk tanda-tanda kegagalan dan lihat apakah mengganti kabel Ethernet membantu. Ini mungkin terdengar dasar, tetapi apakah router kamu terhubung ke modem dan dihidupkan? Jika tidak ada lampu yang berkedip, perangkat dapat dimatikan atau tidak berfungsi.
4. Reboot router
Jika tidak ada jaringan terdekat yang tercantum di Pengaturan > Wi-Fi, router mungkin memerlukan awal yang baru. Untuk me-reboot router, cabut dan tunggu setidaknya 30 detik sebelum mencolokkannya lagi. Jika router mendapatkan koneksi internet dari modem terpisah, pastikan untuk juga me-restart modem. Bersabarlah saat router mengaktifkan kembali pita 5GHz. Setelah restart, Apple TimeCapsule dual-band di iPhone membutuhkan waktu beberapa menit untuk menginisialisasi jaringan 5GHz-nya.
Dengan semuanya di-boot ulang, lanjutkan dan pastikan iPhone berada dalam jangkauan. Penempatan penting, pelajari cara memposisikan ulang router untuk kecepatan Wi-Fi terbaik. Periksa hal-hal umum yang mungkin menghalangi sinyal Wi-Fi, seperti dinding beton, rak buku, akuarium dan sejenisnya.
5. Periksa koneksi internet
Tidak dapat menggunakan Wi-Fi dapat menyiratkan masalah jaringan di ujung ISP. Untuk mengonfirmasi ini, cari label “Tidak Ada Koneksi Internet” di bawah nama jaringan di pengaturan Wi-Fi. Ini akan memberi tahu kamu bahwa jaringan sedang offline. ISP seharusnya memiliki halaman status yang dapat kamu periksa, tetapi kamu harus menggunakan koneksi selular untuk melihatnya.
Pindai halaman dukungan ISP dan akun media sosial untuk pemberitahuan pemadaman apa pun. Setelah kamu mengonfirmasi bahwa masalahnya ada di pihak penyedia layanan, kamu harus menunggu sebelum menghubungi dukungan.
6. Aktifkan setelan gabung otomatis
Mungkin ISP mengalami downtime singkat, tetapi kamu masih mengalami masalah Wi-Fi? Kamu bisa terhubung ke jaringan yang salah. Kamu bisa mencari centang biru di samping nama jaringan yang terhubung di Pengaturan. Untuk mengonfigurasi iPhone kamu agar selalu terhubung ke jaringan Wi-Fi pilihan, tekan tombol “i” di sebelah nama jaringan yang terhubung di Pengaturan > Wi-Fi dan nyalakan sakelar “Gabung Otomatis”.
17 Cara memperbaiki Wi-Fi iPhone
7. Periksa kata sandi Wi-Fi
Jika kamu melihat notifikasi “Tidak dapat bergabung dengan jaringan” atau “Kata sandi salah” setelah memasukkan kata sandi Wi-Fi, kamu harus memulai ulang semua perangkat, router, dan modem dan mencoba memasukkan kata sandi lagi. Masih belum berhasil? Coba ubah nama dan kata sandi jaringan Wi-Fi.
8. Lupakan dan tambahkan kembali jaringan Wi-Fi
Melupakan jaringan akan menghapus semua data yang disimpannya, yang dapat memperbaiki masalah. Sentuh tombol “i” di sebelah nama jaringan yang terhubung dan pilih “Lupakan Jaringan Ini.” Setelah itu, coba bergabung kembali dengan jaringan yang sama untuk melihat apakah masalah telah teratasi.
9. Nonaktifkan server DNS kustom
Masih belum beruntung? Mungkin kamu telah mengubah server DNS iPhone menjadi penyedia pihak ketiga untuk menikmati penjelajahan yang lebih cepat, untuk dilindungi dari situs web berbahaya yang diketahui, dan untuk menghindari sensor tingkat DNS.
Untuk mengubah server DNS di iPhone, tekan tombol “i” di sebelah nama jaringan di Pengaturan > Wi-Fi dan pilih “Konfigurasi DNS,” lalu pilih “Otomatis” dan tekan “Simpan.” Kamu selalu dapat mencolokkan alamat server DNS kustom lain setelah menyelesaikan masalah.
10. Matikan fitur alamat jaringan pribadi
Setiap iPhone mengirimkan alamat MAC unik untuk mengidentifikasi dirinya di jaringan. Ini diatur pada tingkat perangkat keras tetapi dapat diubah secara manual untuk meningkatkan privasi online dan mengurangi pelacakan. Opsi ini diketahui menyebabkan masalah dengan jaringan tertentu, jadi coba matikan.
Buka Pengaturan > Wi-Fi, tekan tombol “i” di sebelah nama jaringan, dan matikan opsi berlabel “Alamat Pribadi” (iOS 17 dan yang lebih lama) atau “Putar Alamat Wi-Fi” (iOS 18).
11. Menonaktifkan pemblokir konten
Jika kamu menggunakan ekstensi Safari untuk memblokir iklan, kamu dapat menonaktifkannya dengan cepat. Tekan tombol “aA” di bilah alamat Safari dan pilih “Turn Off Content Blockers” dari menu.
Untuk mematikan pemblokir konten untuk semua situs web, buka Pengaturan > Ekstensi > Safari (iOS 17 dan versi lebih lama) atau Pengaturan > App > Ekstensi > Safari (iOS 18). Untuk menghapus hal-hal ini secara permanen, kamu harus menghapus aplikasi yang dibundel dengannya.
12. Nonaktifkan relai pribadi iCloud atau VPN
iCloud Private Relay adalah fitur privasi mewah Apple yang menggunakan server relai CloudFlare untuk menghentikan situs web dan ISP melacak alamat IP, lokasi, dan aktivitas penelusuran kamu. Namun, ini dapat merusak beberapa situs web dan kecepatan penelusuran yang lambat karena overhead enkripsi.
Untuk menonaktifkan Relai Pribadi iCloud, klik nama profil kamu di bagian atas aplikasi Pengaturan, navigasikan ke Relai Pribadi > iCloud, dan matikan “Relai Pribadi”, lalu pilih “Matikan Hingga Besok” atau “Matikan Relai Pribadi” untuk menonaktifkan fitur sepenuhnya.
Relai Pribadi iCloud hanya tersedia dengan paket iCloud+ berbayar dan bundel Apple One. Kamu juga dapat mencoba menonaktifkan koneksi VPN apa pun agar aktif, dengan meluncurkan aplikasi penyedia VPN kamu dan memutuskan sambungan secara manual.
17 Cara memperbaiki Wi-Fi iPhone
13. Hapus VPN dan profil konfigurasi
VPN atau konfigurasi proxy yang buruk juga bisa menjadi penyebabnya. Matikan atau hapus VPN dan proxy kamu di Pengaturan > VPN > Umum & Manajemen Perangkat. Saat kamu melakukannya, hapus profil konfigurasi lama yang mungkin kamu lihat.
14. Mengatur ulang pengaturan jaringan di iPhone
Kamu dapat mengatur ulang semua jaringan Wi-Fi yang disimpan dan kata sandinya, bersama dengan data selular, VPN, dan pengaturan APN dalam satu gerakan dengan menjelajah ke Pengaturan > Transfer > Umum atau Setel Ulang iPhone > Setel Ulang > Setel Ulang Pengaturan Jaringan dan ikuti petunjuknya.
15. Coba gunakan Wi-Fi di perangkat lain
Periksa apakah kamu dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama menggunakan perangkat lain. Jika ya, radio Wi-Fi iPhone kamu mungkin rusak sehingga sudah waktunya untuk dilakukan pergantian di service center resmi Apple.
16. Perbarui semuanya
Jika ternyata tidak ada yang salah dengan iPhone kamu, periksa apakah semua perangkat kamu mutakhir. Untuk menginstal pembaruan terbaru untuk iPhone, buka Pengaturan > Pembaruan Umum > Perangkat Lunak dan ikuti instruksi pada layar. Jangan lupa bahwa firmware router juga dapat diperbarui karena produsen merilis versi baru untuk menambal kerentanan keamanan, memperbaiki bug, dan memberikan fitur dan peningkatan terbaru.
Jika router kamu tidak menawarkan pembaruan otomatis, instal sendiri melalui antarmuka web bawaan untuk router kamu. Lihat halaman dukungan produsen untuk mendapatkan petunjuk. Pastikan juga untuk membaca dengan teliti halaman dukungan Apple yang mencantumkan pengaturan yang disarankan untuk router Wi-Fi, pemancar, dan titik akses yang digunakan dengan produknya.
17. Mengatur ulang iPhone ke pengaturan pabrik
Ketika semuanya gagal, mengatur ulang iPhone adalah satu-satunya pilihan yang tersisa. Untuk mengatur ulang iPhone, masuk ke Pengaturan > Transfer > Umum atau Atur Ulang iPhone dan ikuti instruksinya. Kamu akan diminta memasukkan kode sandi iPhone atau kata sandi ID Apple. Kamu akan memiliki satu kesempatan lagi untuk mengonfirmasi tindakan ini. Tidak ada jalan kembali melampaui titik ini. Jadi pastikan untuk mencadangkan iPhone ke Mac atau melakukan pencadangan iCloud sehingga kamu dapat memulihkannya nanti.
Jika tidak ada yang membantu. Saatnya menghubungi Apple. Kiat-kiat ini akan membantu kamu memecahkan masalah konektivitas Wi-Fi di iPhone. Jika kamu dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi lain, masalahnya ada di router, modem atau ISP. Dalam hal ini, hubungi mereka untuk mengirim teknisi yang mungkin dapat memperbaiki masalah di rumah.
BACA JUGA :
- 5 Cara menjaga perangkat tetap online selama pemadaman internet
- 5 Cara mengoptimalkan router untuk mendapatkan kinerja dan performa sinyal terbaik
- 11 Cara memperbaiki masalah terhubung ke WiFi, tetapi tidak ada akses internet di Windows
- Sinyal ponsel cerdas kamu lemot? Coba 6 cara ini untuk memperkuatnya
- Android 15 akan meningkatkan keamanan Wi-Fi dengan sakelar baru
(brl/red)