3 Cara memulai ulang atau mematikan paksa Mac yang nge-freeze

Advertisement

Cara mematikan paksa Mac

3. Menguras baterai

foto: freepik/user16766420

Ketika Mac nge-freeze (membeku), kamu biasanya dapat memaksanya untuk dimatikan menggunakan salah satu dari dua metode di atas. Namun, ada beberapa situasi langka ketika mereka juga tidak berfungsi.

Dalam kasus seperti itu, pilihan terakhir adalah memotong catu daya atau menguras baterai. Sekali lagi, penting untuk diketahui bahwa mematikan Mac dengan cara ini berpotensi merusak.

Kamu mungkin kehilangan data yang tidak tersimpan atau lebih buruk lagi, kamu mungkin membuat file yang rusak di hard drive yang dapat mengakibatkan masalah yang lebih besar dengan Mac kamu.

Jika memiliki MacBook, cabut kabel daya dan tunggu hingga baterai mati. Kamu mungkin perlu menunggu semalaman agar hal ini terjadi, tergantung pada kesehatan baterai MacBook kamu. Namun pada akhirnya, Mac akan mati. Ketika itu terjadi, isi daya kembali dan nyalakan.

Jika memiliki iMac, Mac mini, Mac Studio, atau Mac desktop lainnya, cukup cabut kabel daya dari bagian belakang komputer. Tunggu beberapa saat hingga Mac menjadi dingin, lalu sambungkan kembali kabel daya dan nyalakan kembali.

Mac yang membeku harus boot lagi secara normal setelah memaksanya dimatikan atau memulai ulang. Aplikasi apa pun yang tidak berfungsi harus berjalan dengan lancar, dan kamu dapat melanjutkan proyek penting apa pun yang sedang dikerjakan.

Meskipun demikian, Mac mungkin menolak untuk boot lagi jika masalah mendasar menyebabkannya membeku sejak awal. Potensi masalah berkisar dari perangkat lunak yang kedaluwarsa hingga hard drive yang rusak. Dalam kasus seperti itu, lebih baik membawa Mac ke Apple untuk mendapatkan bantuan perangkat keras.

Advertisement


(brl/red)