3 Cara mudah menghitung rata-rata di Microsoft Excel
Techno.id - Microsoft Excel adalah aplikasi pengetikan yang sangat cocok untuk jenis dokumen kalkulasi. Di dalam excel, semua jenis perhitungan sudah tersedia rumusnya sehingga lebih mempermudah proses automasi perhitungan.
-
Rumus penjumlahan Excel, penjelasan lengkap serta cara menggunakannya Rumus penjumlahan excel sendiri sangat berguna untuk setiap orang yang mengolah data menggunakan Microsoft Excel.
-
Rumus menjumlahkan di Excel, lengkap dengan pengertian, contoh, dan cara menggunakannya Rumus menjumlahkan di Excel adalah salah satu fitur dasar yang sangat penting dalam pengolahan data
-
Rumus pembagian excel, lengkap dengan konsep dasar dan cara menggunakannya Rumus pembagian excel berguna untuk menghitung rasio, persentase, margin, dan lain-lain dengan lebih cepat dan efektif.
Namun tak banyak yang tahu bahwa menghitung rata-rata atau average di excel memiliki lebih dari 1 variasi. Nah techno.id sudah merangkum 3 cara menghitung rata-rata di excel yang bisa kamu coba agar pekerjaanmu lebih cepat selesai.
1. Jika ingin menghitung rata-rata dengan mengetik angka secara langsung tanpa melibatkan sel-sel lain, gunakan rumus syntax yakni =AVERAGE(number1, [number2],...). Setelah itu tekan ENTER, hasil rata-rata akan langsung terlihat.
2. Kalau kasusnya kamu ingin menghitung rata-rata dengan melibatkan data-data di sel maka cara kedua ini sangat cocok digunakan karena sangat praktis dan cepat. Ketik =AVERAGE(B2:B7) lalu enter, jangan lupa untuk menyesuaikan kolom mana yang ingin dicari rata-ratanya.
3. Jika ingin mencari rata-rata suatu nilai dengan kriteria yang spesifik maka rumus AVERAGEIF adalah jawabannya. Misal pada kasus di bawah ini kamu ingin mencari nilai rata-rata dari penjualan mangga. Gunakanlah rumus =AVERAGEIF(range,criteria,[average_range]) isi kolom range dengan sel BUAH dan isi kolom criteria dengan tulisan "mangga" dan isi kolom [average_range] sel HARGA dengan lalu klik ENTER.
Magang: Millenia Ramadita
BACA JUGA :
- 5 Fitur Microsoft Excel yang dapat mempermudah pekerjaan kamu mengolah data
- Cara membuat dan mengedit grafik di Microsoft Excel, tampilkan data angka dan tulisan jadi lebih mudah
- 15 Cara simpel gunakan Microsoft Excel saat bekerja, ini shortcutnya
- Ini cara mudah men-center-kan teks di sell MS Excel
- Tips menghapus data terduplikat di MS Excel 2016
(brl/red)