4 Cara meningkatkan algoritma Facebook agar tidak dibombardir konten yang tidak jelas

Advertisement

Cara mengatur algoritma Facebook

3. Kunjungi profil Facebook teman tertentu

foto: freepik

Menurut Facebook, semakin banyak kamu berinteraksi dengan orang-orang dengan mengomentari, bereaksi, atau membagikan postingan mereka, semakin banyak mereka muncul di umpan berita. Cara tercepat untuk memastikan teman favorit kamu tidak tersesat adalah dengan langsung membuka profil Facebook mereka dan berinteraksi dengan postingan mereka.

Ini adalah alternatif yang baik untuk menandai teman tertentu sebagai Favorit melalui fitur Kelola Umpan Kamu. Karena Facebook hanya mengizinkan kamu untuk menyorot 30 akun.

Di sisi lain, jika kamu melihat bahwa postingan di umpan berita yang kamu anggap tidak relevan atau tidak menyenangkan berasal dari teman tertentu, kamu dapat memilih untuk membisukan orang tersebut di Facebook, atau mungkin ingin mempertimbangkan untuk menghapus pertemanan mereka sepenuhnya. Ini mungkin langkah yang perlu kamu ambil jika orang yang bersangkutan adalah seseorang yang belum benar-benar berinteraksi dengan kamu selama setahun atau lebih.

Kamu dapat melakukannya dengan membuka profil mereka di Facebook, mengetuk tombol Teman di dekat foto profil mereka, dan memilih Hapus Pertemanan. Kamu harus menambahkannya kembali sebagai Teman di masa mendatang jika ingin membuat kembali koneksi.

4. Buat profil Facebook tambahan ke profil utama kamu

foto: tangkapan layar

Fitur Facebook yang cukup baru adalah kemampuan untuk membuat profil tambahan. Daripada memulai dari awal dengan mendaftar untuk akun Facebook baru, kamu cukup membuat hingga empat profil pribadi tambahan di bawah akun utama. Begini caranya di komputer.  

1. Buka tab browser, buka facebook.com, dan masuk ke profil utama kamu.

2. Klik foto profil kamu di sudut kanan atas halaman.

3. Tekan Lihat Semua Profil.

4. Ketuk Buat Profil atau Halaman Baru.

5. Pilih Profil Pribadi dan tekan Berikutnya.

6. Klik Mulai dan ikuti petunjuk di layar.

Langkah-langkahnya serupa di ponsel

1. Luncurkan aplikasi Facebook dan masuk ke profil utama kamu.

2. Ketuk foto profil kamu di bilah navigasi bawah (iOS) atau atas (Android).

3. Tekan Buat Profil Facebook. Kamu perlu menekan panah tarik-turun di sebelah profil saat ini untuk mendapatkannya jika kamu sudah memiliki profil tambahan atau memiliki halaman yang kamu kelola.

4. Pilih Profil Pribadi dan ketuk Berikutnya.

5. Ketuk Mulai dan ikuti petunjuk di layar.

Kamu tidak perlu memberikan nama pengguna dan kata sandi baru. Opsi ini berguna untuk mengkotak-kotakkan jumlah orang yang tidak terkendali dari teman serta halaman dan grup yang kamu ikuti. Kamu juga dapat membuat profil tambahan untuk pekerjaan, untuk minat atau hobi tertentu.

Dengan begitu, halaman atau grup yang terkait dengan tema profil tertentu dapat diisolasi ke profil itu saja, memungkinkan kamu memiliki kontrol yang lebih baik atas umpan berita. Selain itu, membuat profil Facebook tambahan baru memberi kamu bonus memiliki algoritma Facebook baru yang dapat disesuaikan dengan preferensi kamu.

Advertisement


(brl/red)