4 Cara menonaktifkan YouTube Shorts di iPhone, Android, dan desktop

Advertisement

Techno.id -  

Ada berbagai alasan, pengguna ingin menonaktifkan YouTube Shorts di perangkat seluler maupun desktop. Ada yang menganggap fitur ini mengganggu, ada juga yang beralasan terkadang YouTube Shorts menampilkan konten yang dianggap kurang pantas untuk dikonsumsi.       

Ada juga yang merasa mereka bukan penggemar berat video berdurasi pendek YouTube di feed sehingga ingin menonaktifkannya. Meskipun tidak ada metode resmi untuk menonaktifkan YouTube Shorts, kamu memiliki beberapa solusi untuk menyembunyikannya agar tidak muncul di feed.

Nah untuk menonaktifkan Shorts di situs seluler atau desktop YouTube, cari bagian “Shorts” dan klik atau ketuk ikon “X”. Di aplikasi iPhone atau Android, gunakan aplikasi YouTube versi lama atau ketuk tiga titik untuk setiap Shorts di bagian “Shorts” dan pilih “Tidak Tertarik”. Berikut beberapa cara menonaktifkan YouTube Shorts di iPhone, Android, dan komputer desktop.

1. Menggunakan situs web seluler YouTube

foto: techno.id/yani andriyansyah

Cara mudah untuk menghapus video Shorts dari feed adalah dengan menggunakan situs seluler YouTube di ponsel. Di situs, kamu memiliki opsi untuk menyembunyikan bagian “Shorts” selama 30 hari, sesuatu yang tidak dapat kamu lakukan di aplikasi seluler.

Untuk melakukannya, luncurkan browser web pilihan kamu di ponsel (Chrome, Firefox, Edge, Safari, atau browser lainnya) dan buka m.youtube.com. Di situs, masuk ke akun Google kamu. Setelah login, akses bagian “Shorts”. Di pojok kanan atas, ketuk tanda “X”.

Segera setelah kamu mengetuk “X”, YouTube akan menyembunyikan bagian “Shorts” dan akan disembunyikan selama 30 hari. Saat kamu mulai melihat Shorts tersebut lagi, ketuk “X” lagi, dan bagian tersebut akan disembunyikan selama 30 hari lagi.

2. Nonaktifkan di aplikasi seluler

foto: tangkapan layar

Aplikasi YouTube untuk iPhone dan Android tidak menawarkan opsi untuk menghapus Shorts, tetapi kamu dapat menandai Shorts sebagai “Tidak Tertarik” untuk menghapusnya dari feed untuk sementara. Berbeda dengan metode di atas, tidak ada jaminan bahwa Shorts akan disembunyikan selama beberapa hari.

Untuk menggunakan metode ini, luncurkan YouTube di ponsel dan akses bagian “Shorts”. Di pojok kanan atas video Short, ketuk tiga titik dan pilih “Tidak Tertarik”.

Ulangi langkah di atas untuk setiap video di bagian “Shorts”. Setelah melakukannya, kamu akan mulai melihatnya lebih sedikit dan YouTube akan menyembunyikan sementara bagian “Shorts” dari feed kamu. Jika mulai melihat Shorts lagi, cukup tandai lagi sebagai “Tidak Tertarik” untuk menyingkirkannya.

3. Menggunakan aplikasi YouTube versi lama di ponsel

foto: freepik

Jika harus menggunakan aplikasi YouTube, tetapi kamu tidak dapat menggunakan video Shorts di dalamnya, salah satu opsi yang dimiliki adalah mendowngrade versi aplikasi saat video Shorts tidak ada. Pada dasarnya kamu mendapatkan versi aplikasi YouTube ketika perusahaan belum meluncurkan fitur Shorts.

Di iPhone, menginstal aplikasi versi lama sangat sulit. Oleh karena itu, disarankan tetap menggunakan metode lain. Sementara di Android, meskipun kamu dapat menginstal aplikasi versi lama hanya dengan memuat file APK aplikasi tersebut, tetapi itu tidak bekerja dengan baik pada aplikasi stok Google, termasuk YouTube. Namun, jika ponsel kamu dilengkapi dengan YouTube versi 14.12.56 atau yang lebih lama, kamu dapat menghapus update aplikasi untuk membawa aplikasi ke versi tertentu, menghilangkan video Shorts dari feed YouTube.

Untuk melakukannya di ponsel Android, buka Pengaturan > Aplikasi > YouTube. Di pojok kanan atas, ketuk tiga titik dan pilih “Copot Pemasangan Pembaruan”. Pilih “OK” di prompt. Setelah mendowngrade aplikasi, luncurkan aplikasi, dan kamu tidak akan melihat bagian “Shorts”. Sebaiknya lakukan cara ini agar aplikasi tidak diperbarui secara otomatis sehingga ponsel tidak membawanya ke versi terbaru, yang akan mulai menampilkan Shorts lagi.

4. Menghapus dari situs desktop YouTube

foto: tangkapan layar 

Jika kamu adalah pengguna desktop, menghapus Shorts dari situs komputer YouTube semudah memilih opsi. Kamu tinggal  mengklik opsi yang menyembunyikan Shorts selama 30 hari, dan ketika jangka waktu tersebut berakhir, klik opsi tersebut lagi untuk menghapus Shorts selama 30 hari lagi, dan seterusnya.

Untuk melakukannya, luncurkan browser web desktop dan buka YouTube.com. Di situs, pastikan masuk ke akun kamu. Temukan bagian “Shorts” di situs. Di pojok kanan atas bagian, klik “X”. YouTube akan menyembunyikan bagian tersebut selama 30 hari.

Begitulah cara untuk menyingkirkan video pendek yang mengganggu dari feed kamu. Perlu dicatat bahwa kamu juga dapat mencoba aplikasi pihak ketiga atau ekstensi browser tertentu untuk memblokir Shorts.

Advertisement


(brl/red)