4 Cara sederhana yang dapat membantu mempertahankan kesehatan baterai iPhone

Advertisement

Techno.id - Banyak faktor yang memengaruhi kinerja baterai, yang pada gilirannya memengaruhi seberapa baik kinerja sebuah iPhone. Buat kamu pengguna iPhone mungkin taka sing dengan informasi mengenai kapasitas maksimum dan performa puncak baterai yang tersedia di layar Kesehatan Baterai. 

Kapasitas baterai maksimum berguna untuk mengukur kapasitas baterai dalam kaitannya dengan saat perangkat masih baru. Seiring bertambahnya usia baterai secara kimiawi, kapasitasnya akan berkurang, sehingga berpotensi mengurangi jumlah waktu yang dapat digunakan sebelum perlu diisi ulang.

Kapasitas baterai ponsel kamu mungkin terlihat sedikit di bawah 100%, tergantung pada berapa lama waktu yang telah berlalu sejak iPhone diproduksi dan kapan diaktifkan. Saat digunakan dalam kondisi normal, baterai biasa dibuat untuk mempertahankan hingga 80% dari kapasitas awalnya setelah 500 siklus pengisian penuh.

foto: unsplash/tyler-lastovich

Selain itu, jika baterai dapat menangani performa puncak pada tingkat yang biasa dan alat manajemen performa tidak aktif, kamu akan melihat pesan ‘Baterai Anda saat ini mendukung performa puncak normal.

Jika kesehatan baterai telah sangat menurun, kamu akan melihat pesan ‘Kesehatan baterai Anda menurun secara signifikan’. Jika kondisinya seperti itu, penyedia layanan resmi Apple dapat mengganti baterai untuk memulihkan kinerja dan kapasitas penuh.

Namun sebelum kondisi tersebut terjadi, kamu bisa melakukan beberapa cara untuk mempertahankan kesehatan baterai iPhone. Begini caranya.  

1. Periksa kesehatan baterai iPhone

foto: unsplash/deansun

Untuk memeriksa kesehatan baterai iPhone, kamu harus membuka Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai. Jika kamu telah memperbarui iOS 16.1 atau yang lebih baru, kamu harus membuka Pengaturan > Baterai > Kesehatan & Pengisian Daya Baterai.

2. Ketahui persentase baterai iPhone sebelum menggantinya

foto: unsplash/sten ritterfeld

Pada 500 siklus pengisian daya penuh, baterai umumnya dibuat untuk menahan hingga 80% dari kapasitas awalnya saat digunakan dalam kondisi biasa. Disarankan untuk mengganti baterai iPhone ketika kesehatan baterai di bawah 80%. Tergantung pada penggunaan. Biasanya kondisi ini dapat terjadi dua hingga tiga tahun setelah pemakaian iPhone.

Performa iPhone mulai menurun secara drastis pada kesehatan baterai 40 atau 50 persen. Waktu maksimum yang dapat kamu gunakan untuk menggunakan iPhone setelah setiap pengisian daya adalah beberapa jam. Baterai harus diganti jika kesehatannya turun di bawah 40%.

3. Pertahankan daya baterai iPhone

foto: unsplash/andreas haslinger

Kamu bisa melakukan beberapa cara untuk mempertahankan daya baterai dengan baik.    

  1. Lepaskan casing tertentu selama pengisian daya
  2. Hindari suhu lingkungan yang ekstrem
  3. Simpan dalam kondisi setengah terisi daya saat kamu menyimpannya dalam waktu lama

4. Mengganti baterai

foto: freepik/poravute

Jika kamu memiliki AppleCare+ dan baterai iPhone kamu kurang dari 80% dari kapasitas aslinya, maka baterai iPhone kamu harus segera diganti. Lakukan pergantian baterai di layanan resmi Apple untum mendapatkan baterai pengganti yang sesuai dengan perangkat kamu.   

Advertisement


(brl/red)