5 Alasan kamu harus memperbarui iPhone ke iOS 18.0.1 sekarang, begini cara mengunduhnya

Advertisement

Techno.id - Kurang dari tiga minggu setelah rilis iOS 18, pembaruan pertama keluar dalam versi iOS 18.0.1. Mungkin sebagian besar pengguna berpikir penomoran 0.1 adalah pembaruan yang tidak signifikan sehingga mereka mungkin lebih baik menunggu versi iOS 18.1 resmi diluncurkan.

iOS 18.0.1 untuk memperbaiki beberapa bug iPhone

Pengguna yang telah mengunduhnya mengatakan pembaruan ini membuat iPhone mereka berjalan lebih lancar dan aplikasi lebih cepat. Apple merilis pembaruan perangkat lunak untuk iPhone bertujuan untuk memperbaiki beberapa masalah yang terkait dengan iOS 18 seperti layar sentuh yang tidak responsif pada iPhone 16, membekukan kamera saat merekam jenis video tertentu, dan masalah dengan pesan dan kinerja umum.

Sayangnya, iOS 18.0.1 seperti yang diketahui tidak bisa  disamakan dengan iOS 18.1, pembaruan perangkat lunak yang lebih besar yang akan membawa Apple Intelligence ke iPhone 15 Pro dan iPhone 16 akhir Oktober ini. Secara keseluruhan, pembaruan baru ini relatif kecil, dengan ukuran file 478,2 MB, yang berarti kamu tidak perlu mengosongkan ruang di iPhone untuk menginstalnya.

foto: apple

Mereka yang telah mengunduhnya telah memperhatikan bahwa iPhone mereka berjalan lebih lancar dan aplikasi seperti Safari lebih cepat dari sebelumnya. Sangat umum untuk pembaruan iOS utama yang disertai dengan bug, mulai dari pengurasan baterai hingga panas berlebih, dan iOS 18 tidak berbeda.

Masalah yang paling meluas pada pembaruan adalah munculnya ”titik mati” pada iPhone, yang membuat seluruh layar tidak responsif jika tangan pengguna menyentuh bagian luar layar. Meski begitu, berikut lima alasan mengapa kamu harus menginstal iOS 18.0.1 sekarang.

1. Jika kamu memiliki iPhone 16 atau iPhone 16 Pro, pembaruan ini berisi perbaikan untuk masalah yang mengganggu di mana sentuhan pada layar menjadi tidak responsif.

2. Bug iPhone 16 dan 16 Pro lainnya yang ditekan oleh pembaruan ini adalah bug di mana merekam video makro dalam 4K dengan HDR dimatikan menyebabkan kamera terkunci.

3. Jika kamu berbagi wajah Apple Watch menggunakan Pesan, dan kamu pernah mengalami penguncian yang mengganggu, kabar baiknya pembaruan ini dapat mengatasinya.

4. Merasa iPhone kamu berjalan lambat sejak iOS 18? Pembaruan ini memperbaiki masalah alokasi memori yang memengaruhi performa.

5. Terakhir, iOS 18.0.1 memperbaiki beberapa masalah keamanan. Tidak ada yang sangat serius, tetapi salah satunya adalah masalah di mana pesan audio di Pesan dapat menangkap beberapa detik audio sebelum indikator mikrofon diaktifkan, dan yang lainnya adalah kata sandi yang disimpan pengguna dapat dibacakan dengan lantang oleh VoiceOver.

Seperti disebutkan di atas, pembaruan ini sekitar 478,2 MB, dan kamu harus mengunduh dan menginstalnya dalam waktu sekitar 5 menit. Sedangkan iOS 18.1, pembaruan yang akan membawa semua kebaikan Apple Intelligence ke iPhone, akan dirilis alhir bulan ini.

Cara mengunduh iOS 18.0.1

foto: apple

Ada kemungkinan kamu sudah memiliki pembaruan baru di iPhone. Perangkat Apple biasanya mengunduh pembaruan perangkat lunak secara otomatis semalam melalui Wi-Fi saat dicolokkan ke pengisian daya.

Untuk memeriksa apakah kamu memiliki pembaruan, buka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak untuk melihat versi iOS 18 yang kamu miliki dan segera instal pembaruan terbaru jika belum diunduh.

Bukan hanya iPhone yang mendapatkan pembaruan. Apple juga telah merilis iPad OS 18.0.1, WatchOS 11.0.1 dan MacOS Sequoia 15.0.1. Dari jumlah tersebut, pembaruan iPad bisa dibilang yang paling signifikan karena akhirnya membawa iOS 18 ke iPad Pro terbaru.

Advertisement


(brl/red)