5 Cara alternatif untuk menghemat baterai iPhone, nomor 2 akan sangat membantu saat baterai mulai drop

Advertisement

5 Cara alternatif menghemat baterai iPhone

4. Pantau kesehatan baterai

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Jika kamu khawatir tentang kesehatan jangka panjang baterai iPhone, buka Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai & Pengisian Daya dan lihat Kapasitas Maksimum untuk melihat seberapa banyak baterai kamu telah rusak sejak penggunaan pertama.

Idealnya, seharusnya 100%, tetapi baterai lithium-ion secara alami akan kehilangan kapasitasnya seiring waktu. Ini akan memberi kamu gambaran tentang apa yang dapat diharapkan dari baterai iPhone kamu ke depan dan apakah perlu diganti.

Lihat Kemampuan Kinerja Puncak untuk melihat status baterai iPhone kamu saat ini. iOS dapat melacak kondisinya saat ini dan akan memberikan status yang diperbarui tergantung pada apa yang ditemukannya. Apple memiliki halaman dukungan yang menjelaskan setiap kemungkinan status.

Mengaktifkan Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan akan mengisi daya ponsel hingga 80%, lalu mengisi daya sisanya. Hal ini dapat mencegah baterai bekerja terlalu keras, terutama saat kamu tidak membutuhkannya untuk mengisi daya 100%. Jika kamu memiliki iPhone 15, kamu memiliki opsi tambahan untuk membatasi baterai hingga 80%.

Apple melacak masa pakai baterai melalui siklus pengisian daya. Satu siklus sama dengan menghabiskan seluruh kapasitas baterai. iPhone dirancang untuk mempertahankan 80% dari kapasitas aslinya hingga 500 siklus pengisian penuh sebelum baterai dianggap usang. Meskipun ada cara untuk melihat jumlah siklus iPhone mana pun, hanya iPhone 15 yang memiliki hitungan resmi di bawah Pengaturan > Umum > Tentang > Jumlah Siklus.

5. Tampilkan persentase baterai

foto: unsplash/sten ritterfeld

Sebelum memantau masa pakai baterai, kamu harus tahu persis apa yang kamu lihat. Ikon baterai iPhone di sudut kanan atas layar menunjukkan berapa banyak sisa daya pada perangkat, tetapi ini bukan pengukuran masa pakai baterai yang sangat tepat.

Kamu dapat melihat persentase baterai yang tersisa dengan membuka Pusat Kontrol, tetapi jika kamu menginginkan informasi tersebut sekilas di sudut kanan atas ponsel, kamu perlu mengaktifkan fitur tersebut. Buka Pengaturan > Baterai dan aktifkan Persentase Baterai. Ikon baterai kemudian akan menampilkan angka, sehingga memudahkan untuk memantau masa pakai baterai.

Perhatikan bahwa iPhone XR, iPhone 11, iPhone 12 mini, dan iPhone 13 mini akan memerlukan iOS 16.1 untuk opsi menampilkan persentase baterai.

Advertisement


(brl/red)