5 Cara ini bisa kamu coba untuk memperbaiki Face ID iPhone yang tidak berfungsi

Advertisement

Cara memperbaiki Face ID iPhone yang tidak berfungsi

4. Setel ulang Face ID dan pindai lagi

foto: tangkapan layar

Jika Face ID hanya berfungsi beberapa waktu, pertimbangkan untuk memindai ulang penampilan kamu. Face ID dimaksudkan untuk beradaptasi dengan perubahan halus dalam penampilan kamu, tetapi terkadang kamu mungkin mengalami perubahan yang lebih radikal seperti mencukur jenggot penuh atau menata ulang rambut.

Untuk melakukan ini, buka Pengaturan > Face ID & Kode Sandi dan autentikasi dengan kode sandi iPhone. Ketuk tombol merah “Reset Face ID” untuk menghapus semua data Face ID dan mulai lagi. Setelah selesai, kamu harus mengetuk ”Siapkan Face ID” dan ikuti petunjuk di layar untuk memindai ulang penampilan kamu.

5. Uji apakah kamera depan rusak

foto: freepik

Jika proyektor titik di bagian depan iPhone tidak berfungsi dengan benar, Face ID tidak akan berfungsi. Kerusakan dapat disebabkan karena kamu menjatuhkan ponsel di permukaan yang keras. Benturan berat seringkali cukup untuk merusak atau melepaskan komponen di dalam sasis.

Salah satu cara cepat untuk mengujinya adalah dengan membuka aplikasi Kamera, memilih mode Potret, dan beralih ke kamera depan. Jika efek mode Potret yang biasa untuk memburamkan latar belakang tidak berfungsi, ini bisa menunjukkan bahwa proyektor titik kamu rusak. Perlu diingat bahwa ini sama sekali bukan tes yang lengkap.

Kamu dapat membawa iPhone ke Apple Store untuk dievaluasi, meskipun iPhone di luar masa garansi atau kamu tidak memiliki perlindungan Apple Care+ terhadap kerusakan yang tidak disengaja. Apple akan memeriksa iPhone dan melakukan diagnostik dalam upaya untuk mengisolasi masalah.

Jika Face ID tidak berfungsi dengan baik dan kamu memiliki Apple Watch, kamu dapat menggunakan Apple Watch untuk membuka kunci iPhone. Ini bekerja dengan baik dalam kasus di mana Face ID mungkin gagal, seperti saat kamu mengenakan helm full-face. Kamu juga dapat membuka kunci MacBook dengan Apple Watch.

Advertisement


(brl/red)