5 Cara mematikan iPhone di iOS 18, bisa juga tanpa menggunakan tombol fisik

Advertisement

Techno.id - Jika kamu baru saja membeli iPhone pertama, mungkin kamu tidak yakin bagaimana cara mematikannya. Kamu mungkin menekan tombol samping untuk mematikannya. Sebenarnya ada beberapa cara untuk mematikan iPhone.

1. Dengan tombol fisik

foto: apple

Jika kamu memiliki iPhone X atau model yang lebih baru dengan Face ID, menekan tombol samping atau tombol daya akan mengaktifkan Siri di iPhone alih-alih mematikannya. Jadi, bagaimana kamu benar-benar mematikan iPhone?

Pertama, tekan dan tahan tombol samping dan salah satu tombol volume. Saat layar shutdown muncul, lepaskan tombol dan seret penggeser daya ke kanan. Menurut Apple, proses shutdown membutuhkan waktu sekitar 30 detik untuk diselesaikan.

Kamu juga dapat menekan dan melepaskan tombol volume naik dan kemudian tombol volume turun, diikuti dengan menahan tombol samping hingga melihat logo Apple. Metode ini segera menghentikan semua aplikasi yang sedang berjalan dan memaksa iPhone untuk memulai ulang. Ini sama dengan mencabut steker pada komputer, jadi lakukan hanya jika iPhone kamu macet.

2. Dari pusat kontrol

foto: apple

Mulai iOS 18, kamu juga dapat mematikan iPhone dari Pusat Kontrol yang baru dan lebih baik. Ini bisa berguna jika tombol perangkat keras di iPhone tidak berfungsi. Untuk melakukan ini, cukup geser ke bawah dari sudut kanan atas layar untuk mengakses Pusat Kontrol dan tekan lama ikon daya di sudut kanan atas. Setelah melihat penggeser matikan, seret ke kanan untuk mematikan iPhone.

3. Menggunakan Siri

foto: makeuseof

Asisten suara Apple dapat mematikan iPhone apa pun dengan perintah sederhana. Cukup ucapkan, “Hai Siri, matikan iPhone saya,” dan konfirmasikan handsfree dengan “Ya” atau tekan Matikan di prompt.

Cara ini bahkan berfungsi dengan iPhone dalam Mode Pesawat karena mematikan adalah salah satu permintaan yang dapat diproses Siri tanpa koneksi internet.

4. Melalui pengaturan

foto: wikihow

Cara lain untuk mematikan iPhone tanpa menggunakan tombol perangkat keras melibatkan penggunaan aplikasi Pengaturan. Cukup buka Pengaturan > Umum > Matikan lalu seret penggeser matikan untuk mengonfirmasi tindakan.

5. Cara mematikan iPhone yang tidak responsif

foto: freepik/grinvalds

Meskipun ada beberapa cara untuk mematikan iPhone, kamu mungkin mengalami kesulitan jika iPhone tidak merespons penekanan tombol atau layar menjadi tidak responsif. Dalam hal ini, kamu harus menunggu baterai habis. Jika masalah berlanjut saat memulai ulang, kamu harus memaksa restart iPhone dan masuk ke mode pemulihan untuk memulihkannya menggunakan komputer.

Kamu tidak perlu sering me-restart iPhone, tetapi melakukannya setidaknya seminggu sekali bisa bermanfaat. Restart cepat akan keluar dari semua aplikasi yang sedang berjalan, mengosongkan memori, dan memuat ulang iOS, yang sering kali menyelesaikan masalah kinerja, penggunaan baterai, dan perangkat lunak. Sebaiknya hafal beberapa cara atau metode yang disebutkan di atas sehingga mematikan iPhone menjadi kebiasaan.

Advertisement


(brl/red)