5 Cara mengoptimalkan router untuk mendapatkan kinerja dan performa sinyal terbaik

Advertisement

Cara mengoptimalkan router

4. Perbarui perangkat lunak

foto: freepik/andranik.h90

Jika kamu mengatur router dengan aplikasi dan mengaktifkan notifikasi, kamu akan melihat beberapa pembaruan router sebelumnya. Jika belum, inilah saat yang tepat untuk memeriksa dan memastikan router kamu menjalankan perangkat lunak terbaru.

Sebagian besar router modern memudahkan pembaruan, dengan opsi di aplikasi atau pengaturan browser web untuk memeriksa dan mengunduh pembaruan. Jika tidak ada pilihan, kamu mungkin perlu menuju ke halaman dukungan untuk produsen router untuk mengambil file pembaruan.

Jika router kamu disediakan oleh ISP (operator jaringan), kemungkinan besar sudah ada pembaruan otomatis yang akan berlaku dalam semalam. Router yang disediakan ISP ini seringkali terkunci dalam hal perangkat lunak.

Meskipun memperbarui perangkat lunak tidak akan berdampak langsung yang besar pada kinerja Wi-Fi, masalah kinerja sering ditangani dengan pembaruan perangkat lunak.

5. Posisikan router di tempat yang tepat

foto: freepik/user8647581

Salah satu peningkatan paling sederhana, termurah, dan paling efektif yang dapat kamu lakukan pada jaringan Wi-Fi  adalah memastikan router berada di tempat yang tepat. Router yang ditempatkan di tengah rumah mungkin dapat menimbulkan masalah bagi mereka yang memiliki kecenderungan terhadap dekorasi interior. Akibatnya, router sering terjebak di belakang TV atau furnitur.

Furnitur dapat memblokir sinyal Wi-Fi. Posisikan router lebih tinggi sehingga antenanya duduk lebih tinggi daripada sebagian besar furnitur, dan jauhkan dari TV. Sebab TV adalah panel datar besar yang berisi lembaran logam besar di dalamnya sehingga dapat memblokir sinyal nirkabel. Selain memblokir sinyal, komponen seperti catu daya juga dapat membuat gangguan yang dapat merusak sinyal Wi-Fi.

Tempatkan router di rak atau dipasang di dinding. Jika kesulitan mencapai ruangan tertentu dengan sinyal Wi-Fi, kamu dapat mencoba mencari tempat untuk router yang meminimalkan jumlah dinding antara router dan tujuan.

Advertisement


(brl/red)