5 Cara mudah meningkatkan daya tahan baterai iPhone, nonaktifkan fitur yang berjalan di latar belakang

Advertisement

Techno.id - Apakah baterai iPhone kamu cepat habis, bahkan saat tidak digunakan? Jangan keburu panik. Ada beberapa cara dan trik sederhana yang dapat membantu kamu meningkatkan daya tahan baterai iPhone. 

Untuk iPhone yang lebih baru memiliki banyak fitur yang meningkatkan pengalaman pengguna, sebut saja Aktivitas Langsung (Live Activities), pelacakan kebugaran bawaan, dan pembaruan aplikasi otomatis.

Namun, fitur-fitur tersebut berjalan di latar belakang, bahkan ketika kamu tidak aktif menggunakan iPhone, sehingga menghabiskan baterai. Pada latar belakang, ponsel masih memproses semua informasi untuk menjalankan fitur-fitur tersebut. Itu yang menyebabkan daya baterai kamu terkuras.  

Untungnya, ada beberapa metode untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut lima cara mudah untuk memperbaiki masalah pengurasan baterai iPhone.

1. Nonaktifkan fitur pelacakan kebugaran

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Pelacakan Gerak & Kebugaran pada iPhone menggunakan akselerometer bawaan untuk mendeteksi dan menghitung langkah kamu. Ini adalah fitur yang sangat baik, terutama bagi mereka yang tidak memiliki pelacak kebugaran.

Namun, jika kamu sudah memiliki Apple Watch, menonaktifkan fitur pelacakan kebugaran iPhone akan membantu menghemat baterai. Menonaktifkan fitur ini juga tidak memengaruhi keakuratan Apple Watch kamu, karena kedua perangkat menggunakan sensor masing-masing. Begini cara menonaktifkan fitur Pelacakan Gerak & Kebugaran di iPhone. 

1. Buka Pengaturan.

2. Gulir ke bawah untuk memilih ‘Privasi & Keamanan’.

3. Lalu tekan ‘Gerak & Kebugaran’.

4. Matikan fitur dengan menekan tombol di sampingnya.

2. Nonaktifkan haptic keyboard

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Berkat Taptic Engine iPhone, kamu mendapatkan umpan balik haptic yang memuaskan saat mengetik di papan ketik. Namun, Apple mencatat bahwa haptic keyboard dapat memengaruhi masa pakai baterai iPhone, terutama jika kamu menghabiskan banyak waktu untuk membalas email atau pesan teks. Pertimbangkan menonaktifkan umpan balik keyboard untuk mendapatkan lebih banyak daya dari baterai iPhone. Begini caranya.

1. Buka Pengaturan dan buka ‘Suara & Haptics’.

2. Gulir ke bawah dan pilih ‘Umpan Balik Papan Ketik’.

3. Tekan tombol di samping Haptic untuk menonaktifkan fitur tersebut.

3. Nonaktifkan pembaruan aplikasi otomatis

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Sebagian besar dari kita memiliki banyak aplikasi yang terpasang di iPhone. Satu atau beberapa di antara aplikasi tersebut akan mendapatkan pembaruan.

Meskipun disarankan untuk menginstal pembaruan untuk mendapatkan pengalaman terbaik dan fitur-fitur baru, namun dengan mengaktifkan pembaruan otomatis, iPhone kamu akan mengunduh dan menginstal aplikasi berulang kali. Pekerjaan ekstra untuk mengunduh dan menginstal aplikasi di latar belakang akan menghabiskan masa pakai baterai.

Cara menonaktifkan pembaruan aplikasi otomatis.

1. Buka Pengaturan dan pilih App Store.

2. Gulir ke bawah dan matikan ‘Pembaruan Aplikasi’ di bawah Unduhan Otomatis.

3. Demikian pula, dengan mematikan pembaruan iOS otomatis dapat membantu menghemat masa pakai baterai.

Advertisement


(brl/red)