5 Cara yang kamu perlukan untuk melindungi smartphone dari risiko jatuh dan goresan

Advertisement

Techno.id - Saat ini banyak ponsel modern menggunakan kaca di bagian depan dan belakang. Karena itu kamu harus ekstra hati-hati saat menggenggamnya dengan satu tangan untuk menghindari goresan dan lebih buruk lagi menghancurkan layar akibat terjatuh. Berikut cara untuk melindungi ponsel secara fisik dari risiko terjatuh atau tergores.

1. Menggunakan soft case

foto: freepik/evgeniiafreeman

Soft case adalah salah satu alat utama untuk melindungi ponsel dari goresan. Kamu bisa menggunakan soft case untuk mencegah guncangan, sehingga menawarkan perlindungan yang lebih baik terhadap goresan.

Soft case juga mengurangi kemungkinan perangkat tergelincir dan jatuh dengan menawarkan pegangan yang lebih baik daripada hard case. Tentu saja, ada beberapa cara untuk melindungi ponsel cerdas dari goresan tanpa casing. Namun, tidak ada yang mengalahkan memiliki penghalang fisik yang memberikan perisai ekstra. Kamu bisa menggunakan casing kompatibel yang terbuat dari kulit, TPU (plastik lunak), atau silikon.

2. Pelindung kaca tempered untuk layar

foto: freepik/nitayuko

Jika soft case membantu melindungi bagian belakang perangkat dari goresan, kamu juga harus menggunakan pelindung layar tempered untuk melindungi kaca depan. Ada berbagai alasan mengapa kamu harus menggunakan pelindung layar.

Tempered memberikan perlindungan jatuh dan benturan yang bertindak sebagai perisai dan melindungi layar dari goresan. Pelindung layar kaca tempered menawarkan ketahanan yang lebih baik terhadap goresan dan benturan daripada alternatif plastik.

3. Pelindung lensa untuk kamera

foto: freepik/eyeem

Menggunakan pelindung lensa kamera bukanlah sesuatu yang banyak dipikirkan pengguna, padahal cukup penting lho. Pelindung lensa kamera ini biasanya merupakan penutup transparan tipis yang dapat ditempatkan di lensa kamera ponsel. Seperti pelindung layar, sebaiknya menggunakan pelindung lensa berbahan kaca.

4. Pembersihan rutin untuk menghindari goresan mikro

foto: freepik

Seiring waktu, partikel debu dan kotoran lainnya dapat masuk di antara telepon dan casing. Partikel-partikel kecil ini dapat menyebabkan goresan mikro. Cara untuk mencegah hal ini terjadi adalah dengan membersihkan ponsel dan casing secara teratur.

Gunakan kain microfiber lembut dengan air untuk membersihkan layar ponsel. Meski saat ini banyak pembersih layar smartphone berbasis alkohol, tetapi sebaiknya gunakan air. Sebab pembersih berbasis alkohol bisa menyebabkan kerusakan pada perekat ponsel.

5. Pegangan ponsel untuk meminimalkan jatuh yang tidak disengaja

foto: freepik

Memiliki pegangan ponsel di bagian belakang menawarkan pegangan dan penanganan yang lebih baik. Pegangan ponsel memberikan sesuatu untuk dipegang di sela jari, memastikan pegangan yang aman dibanding memegang permukaan ponsel yang rata dan terkadang licin.

Alat ini cukup penting jika kamu merasa perangkat lebih besar dan kamu tidak dapat memegangnya dengan nyaman. Pegangan ponsel juga dapat mengurangi kemungkinan selip dan dengan demikian mengurangi kemungkinan jatuh yang tidak disengaja.

Advertisement


(brl/red)