5 Fitur aksesibilitas iOS 18 dan iPadOS 18 yang dirancang untuk disabilitas dan cara mengaktifkannya

Advertisement

Techno.id - iOS 18 dan iPadOS 18 memperkenalkan fitur yang mengubah cara penyandang disabilitas fisik menggunakan perangkat Apple mereka. Apple pun menghadirkan deretan fitur yang dirancang untuk membantu pengguna penyandang disabilitas fisik. Berikut adalah beberapa fitur aksesibilitas terbaik yang dapat digunakan di iPhone dan iPad.

1. Pelacakan mata (Eye Tracking)

foto: tangkapan layar

Jika terbiasa menggunakan headset Apple Vision Pro, kamu mungkin tahu bagaimana headset ini memungkinkan kamu memilih elemen hanya dengan melihatnya dan mengetuk ibu jari dan jari telunjuk secara bersamaan. Apple memperkenalkan konsep serupa untuk iPhone dan iPad, yang dirancang untuk membantu mereka yang tidak dapat menavigasi layar perangkat mereka dengan jari.

Eye Tracking adalah salah satu fitur aksesibilitas yang paling dinantikan dari iOS dan iPadOS 18. Fitur ini memanfaatkan kekuatan AI untuk memungkinkan pengguna menavigasi iPhone atau iPad hanya dengan menggunakan mata.

Setelah mengatur Pelacakan Mata, Kontrol Jarak Tempuh juga akan diaktifkan secara otomatis. Fitur ini memungkinkan pengguna memilih item dengan menatapnya selama beberapa detik atau melakukan tindakan seperti menekan tombol atau menggesek dengan berfokus pada area layar tertentu.

Tidak seperti fitur Apple Intelligence, Eye Tracking tersedia di iPhone SE (2022) dan model iPhone 12 atau lebih baru. Bagian terbaiknya, pengguna tidak memerlukan perangkat keras atau aksesori tambahan untuk menggunakannya. Cukup perangkat yang mendukung iOS 18 dan iPadOS 18 dengan kamera depan yang berfungsi.

Untuk mengaturnya, buka aplikasi Pengaturan, lalu buka Aksesibilitas > Pelacakan Mata dan aktifkan. Pengguna kemudian akan mengikuti titik dengan mata mereka saat bergerak di sekitar layar untuk menyelesaikan pengaturan. Meskipun fitur ini terasa agak buggy saat ini, kemampuan untuk mengontrol iPhone atau iPad hanya dengan mata selalu terasa seperti ide futuristik.

2. Haptik musik (Music Haptics)

foto: apple/tangkapan layar

Salah satu cara terbaik untuk bersantai setelah hari yang panjang adalah dengan memasang earbud dan mendengarkan musik yang menenangkan. Haptik Musik di iOS 18 memungkinkan mereka yang tunarungu atau gangguan pendengaran untuk menikmati musik di iPhone mereka.

Dengan menggunakan Taptic Engine iPhone, perangkat akan menghasilkan ketukan, tekstur, dan getaran yang disinkronkan dengan ketukan lagu yang didengarkan. Meskipun Music Haptics saat ini berfungsi dengan jutaan lagu di Apple Music, ketersediaan dapat bervariasi tergantung pada aplikasi streaming yang digunakan.

Untuk mengaktifkan Haptik Musik, buka Pengaturan > Aksesibilitas > Haptik Musik dan aktifkan. Sayangnya, Music Haptics eksklusif untuk iPhone, karena iPad belum memiliki Taptic Engines.

3. Pintasan vokal (Vocal Shortcuts)

foto: apple/tangkapan layar

Apple telah memperkenalkan berbagai fitur aksesibilitas selama bertahun-tahun, seperti Type to Speak, yang bertujuan untuk membantu individu dengan hambatan bicara karena cerebral palsy dan amyotrophic lateral sclerosis.

Membangun upaya ini, Apple kini telah memperkenalkan fitur yang disebut Vocal Shortcuts. Fitur ini memungkinkan pengguna mengajari iPhone atau iPad mereka untuk mengenali frasa tertentu, memungkinkan tindakan cepat dan mudah.

Pada dasarnya, fitur ini menghilangkan kebutuhan untuk melalui proses khas memanggil Siri dengan mengatakan, “Hai Siri,” memintanya untuk melakukan sesuatu, dan kemudian menunggu. Pengguna bahkan dapat membuat Pintasan Vokal untuk memicu permintaan Siri, merampingkan seluruh proses.

Menyiapkan Pintasan Vokal itu mudah—yang perlu dilakukan hanyalah memilih tindakan dan kemudian merekam frasa untuk mengajarkan iPhone atau iPad mengenali suara pengguna.

Pengguna dapat membuat Pintasan Vokal untuk secara otomatis memicu Pintasan iOS khusus yang telah dibuat. Fitur ini membuka berbagai kemungkinan. Misalnya, pengguna biasanya meminta Siri untuk membuka Spotify saat sedang membuat secangkir kopi di dapur. Biasanya, pengguna harus mengatakan, “Hai Siri,” tunggu tanggapannya, lalu katakan, “Buka Spotify,” yang membutuhkan waktu.

Sekarang, pengguna bisa menyiapkan Pintasan Vokal agar memicu Pintasan yang dibuat untuk membuka Spotify menggunakan frasa khusus “Buka Spotify”. Sekarang, setiap kali pengguna mengucapkan dua kata itu, Spotify terbuka secara otomatis. Untuk mengaturnya, buka Aksesibilitas > Pintasan Vokal, dan ketuk Siapkan Pintasan Vokal.

Pengguna kemudian harus memilih tindakan, mengetikkan frasa khusus, dan mengucapkannya beberapa kali. Dengan cara ini, iPhone atau iPad akan dapat mengenalinya. Meskipun fitur ini terutama untuk orang dengan gangguan bicara, namun berguna bagi siapa saja yang ingin menyederhanakan jumlah perintah yang diperlukan untuk melakukan tugas di iPhone atau iPad mereka.

Advertisement


(brl/red)