5 Fitur Android yang jarang diketahui pengguna, nomor 2 cukup penting lho

Advertisement

Techno.id - Dalam dunia teknologi yang semakin berkembang pesat seperti saat ini, smartphone Android menjadi salah satu sistem operasi mobile yang paling popular di seluruh dunia. Meskipun banyak pengguna Android yang telah menggunakan smartphone selama bertahun-tahun, namun masih ada beberapa fitur yang jarang diketahui banyak pengguna.

Di bawah ini, Techno.id akan mengungkap 5 fitur Android yang mungkin belum kamu ketahui, Senin (06/11).

1. Mode pengembang (developer mode)

foto: freepik/stockgiu

Mode Pengembang adalah fitur yang memungkinkan pengguna mengakses berbagai pengaturan dan alat tambahan yang tidak terlihat di menu pengaturan standar. Untuk mengaktifkannya, kamu buka Pengaturan > Tentang ponsel > dan ketuk nomor Build beberapa kali. Dengan Mode Pengembang, kamu dapat mengoptimalkan kinerja perangkat, mengatur tingkat animasi, dan bahkan melihat statistik penggunaan CPU. Ini adalah fitur yang sangat berguna bagi pengguna yang ingin mengambil kendali lebih besar atas perangkat Android mereka.

2. Screen pinning (penjepitan layar)

foto: freepik/vecstock

Fitur Screen Pinning memungkinkan kamu untuk memblokir perangkat pada satu aplikasi tertentu. Ini berguna jika kamu ingin meminjamkan ponsel kepada seseorang, misalnya untuk anak. Fitur ini  untuk memastikan bahwa anak-anak hanya dapat menggunakan satu aplikasi.

Untuk mengaktifkannya, buka Pengaturan > Keamanan > Layar Pin dan aktifkan fitur ini. Setelah itu, kamu dapat memilih aplikasi yang akan dipasangkan pada layar.

3. Sensor gesture dan aksebilitas

foto: freepik/vecstock

Jika perangkat Android kamu dilengkapi Sensor Gesture, kamu dapat mengaktifkan Gesture untuk mengontrol beberapa fungsi dengan cepat. Salah satunya menyalakan smartphone hanya dengan mengangkat smartphone. Kamu juga dapat mengetuk pemindai sidik jari untuk mengambil foto atau menggulir layar. Aktifkan fitur ini dengan pergi ke Pengaturan dan cari opsi Gesture.

4. Quick app switching

foto: freepik/vecstock

Fitur ini memungkinkan kamu dengan cepat beralih antara dua aplikasi terakhir yang digunakan. Untuk mengaktifkannya, cukup ketuk tombol ‘Overview’ (biasanya berupa tombol persegi atau tampilan berlapis di antarmuka Android) dua kali. Ini sangat berguna untuk multitasking dan mempermudah peralihan antara aplikasi.

5. Fitur smart lock

foto: freepik/pressfoto

Smart Lock merupakan fitur keamanan yang ditemukan pada smartphone Android yang dirancang untuk memberikan keseimbangan antara keamanan dan kenyamanan pengguna. Fitur ini memungkinkan pengguna menghindari penguncian perangkat mereka ketika berada di lingkungan yang dianggap aman, sehingga mereka tidak perlu terus-menerus memasukkan kata sandi, PIN, atau sidik jari mereka.

Jadi, meskipun pada smartphone Android telah ada dalam berbagai model selama bertahun-tahun, masih ada banyak fitur menarik yang mungkin belum kamu ketahui. Dengan memanfaatkan fitur-fitur ini, kamu dapat mengoptimalkan pengalaman penggunaan ponsel Android.

(magang/rama prameswara)

Advertisement


(brl/red)