5 Fitur tersembunyi smartphone Android yang membuat kamu terpesona

Advertisement

Techno.id - Banyak orang memilih smartphone Android karena ramah anggaran dan dikemas dengan beragam fitur menarik. Tidak sedikit fitur yang dapat meningkatkan pengalaman ponsel cerdas kamu, seperti berbagi kata sandi Wi-Fi melalui kode QR, menggunakan dua akun WhatsApp, dan lainnya. Berikut lima fitur smartphone Android yang dapat meningkatkan pengalaman ponsel cerdas kamu.

1. Bagikan kata sandi Wi-Fi

Pengguna Android dapat membagikan kata sandi Wi-Fi mereka tanpa mengungkapkannya. Sebagian besar ponsel cerdas Android sekarang memungkinkan kamu berbagi kata sandi melalui kode QR.

Orang lain cukup memindai kode ini untuk bergabung dengan jaringan. Untuk melakukan ini, buka Pengaturan, temukan Wi-Fi, klik jaringan saat ini, dan pilih opsi kode QR. Perhatikan bahwa langkah-langkahnya mungkin sedikit berbeda menurut perangkat.

2. Gunakan dua akun WhatsApp

Alih-alih membawa dua ponsel cerdas, kamu dapat menggunakan dua akun di perangkat yang sama. Sebagian besar ponsel cerdas Android, kecuali perangkat Google Pixel,  mendukung fitur kloning aplikasi, memungkinkan kamu menggunakan dua akun WhatsApp secara bersamaan.

foto: techno.id/yani andriyansyah

3. Isi daya perangkat lain

Banyak ponsel cerdas Android dapat mengisi daya perangkat lain, seperti ponsel cerdas dan gadget, melalui pengisian daya terbalik. Kamu memerlukan kabel USB-C ke USB-C untuk ini.

Jika ponsel cerdas kamu mendukung pengisian daya nirkabel, ponsel ini juga dapat mendukung pengisian daya nirkabel terbalik, sehingga memudahkan pengisian daya perangkat seperti earbud dan jam tangan pintar.

4. Terjemahkan teks dengan cepat

Google telah mempermudah terjemahan teks di smartphone Android. Cukup pilih teks yang ingin kamu terjemahkan dan pilih opsi terjemahkan dari menu pop-up. Fitur ini juga berfungsi di aplikasi dan situs web pihak ketiga. Jika memiliki gambar dengan teks yang ingin kamu terjemahkan, geser ke bawah dari sisi kanan layar untuk mengakses menu dan pilih fitur terjemahan layar.

5. Buka kunci opsi pengembang

Banyak fitur canggih disembunyikan di menu Opsi Pengembang. Kamu dapat membukanya dengan mengetuk nomor build tujuh kali. Dari menu ini, kamu dapat menyesuaikan pengaturan seperti extended wake, batas koneksi Bluetooth, dan OEM unlocking untuk menginstal ROM khusus. Namun ingat, membuka kunci bootloader dapat menyebabkan beberapa aplikasi, terutama aplikasi perbankan, berhenti berfungsi dengan baik.

Advertisement


(brl/red)