5 Kebiasaan unik pengguna aplikasi seluler di Indonesia
Techno.id - Dengan populasi yang sangat besar plus meledaknya pengguna smartphone, Indonesia adalah ladang industri digital yang subur. Kini, pola kebiasaan para user pun sudah mulai terlihat. Di satu sisi, ada sisi uniknya, tetapi di sisi lain juga menunjukkan bagaimana positifnya masyarakat Indonesia menyikapi teknologi, khususnya aplikasi seluler.
-
MoboMarket rilis laporan kebiasaan unduh aplikasi Ternyata, pengguna lebih sering mengunduh aplikasi pada hari Sabtu dan Minggu.
-
Orang Indonesia ternyata suka install banyak aplikasi belanja online Lazada merespons tren ini dengan menghelat Super App Sale.
-
Gaya islami sekarang nyangkut di gadget? Disebutkan masyarakat Indonesia terbilang besar soal pemakaian aplikasi bernuansa religi di kesehariannya lewat perangkat tablet dan smartphone.
Dari data hasil pantauan terhadap user di Indonesia milik MoboMarket pada kuartal kedua 2015, berikut lima kebiasaan unik pengguna aplikasi seluler di Indonesia:
Hari Sabtu? Saatnya download aplikasi!
Dari tujuh hari yang ada dalam seminggu, ternyata pengguna smartphone di Indonesia banyak yang mengunduh aplikasi pada hari Sabtu. Setidaknya, 20 persen dari total aplikasi ter-install pada hari Sabtu. Sementara hari Minggu adalah hari download aplikasi kedua terbanyak di Indonesia.
Aplikasi untuk anak-anak dan traveling paling banyak dicoba
Kesadaran user di Indonesia untuk memanfaatkan teknologi yang ada sebaik-baiknya mulai tinggi. Sebab, aplikasi untuk anak-anak dan yang sifatnya edukatif memiliki konversi download yang sangat baik, yakni mencapai 60 persen. Masyarakat Indonesia juga tertarik untuk mencoba aplikasi perjalanan dan pariwisata, dengan konversi download sebesar 50 persen.
Orang Indonesia paling rajin meng-update aplikasi media sosial
Aktivitas yang tinggi di media sosial membuat pengguna mobile app Tanah Air mulai peduli dengan adanya update yang ditawarkan developer. Bahkan, user di Indonesia memperbarui aplikasi media sosialnya dua kali lebih sering daripada game serta lima kali lebih rajin ketimbang aplikasi musik dan video.
BBM, Facebook, Instagram, dan Line masih menjadi beberapa aplikasi populer di sini.
Game favorit pengguna dari Indonesia berkategori casual dan puzzle
User di Indonesia lebih menikmati hal-hal yang ringan, termasuk urusan game. Buktinya, 30 persen dari porsi game yang di-download di Indonesia, ternyata berkategori casual dan puzzle. Di bawahnya, ada game berkategori racing dengan porsi kurang dari 15 persen.
Selain media sosial dan games, user dari Indonesia juga suka memotret
Menurut MoboMarket, media sosial dan game masih menjadi kategori aplikasi yang paling dicari di Tanah Air. Selain itu, alias di posisi ketiga, ada aplikasi fotografi. Buktinya, ketiga aplikasi itu ada dalam 20 kata pencarian yang paling sering diketik user dari Indonesia.
Itu dia pantauan MoboMarket dari para penggunanya di Indonesia dalam kuartal kedua 2015. Apakah Anda juga tergolong pada kelompok user mayoritas seperti ini?
(brl/red)