5 Komponen ini wajib kamu perbarui untuk meningkatkan kinerja PC agar lebih maksimal dengan cara hemat

Advertisement

Cara upgrade PC

4. Pertimbangkan GPU baru

foto: freepik/sanuar husen

Jika kamu menggunakan GPU lama dan performa dalam game kamu tidak sesuai standar, GPU baru dapat menghidupkan rakitan. GPU bisa mahal, tetapi kamu tidak harus mendapatkan GPU top-of-the-line.

Jika kamu menggunakan GPU yang lebih lama, terutama dari Seri GTX Nvidia (atau GPU AMD yang setara), inilah saatnya untuk peningkatan. Kabar baiknya adalah kamu bisa mendapatkan RTX 3050 entry-level dengan harga yang relatif lebih murah dibanding GPU Seri RTX 40 atau AMD Radeon RX 7000 Series.

5. CPU atau motherboard baru

foto: freepik/99dex

Ada beberapa perdebatan tentang apakah harus meningkatkan CPU atau GPU terlebih dahulu. Tetapi CPU tetap merupakan komponen inti dari komputer mana pun. Karena itu ketika kamu merasa perangkat mulai lemot, mungkin saatnya untuk menukar CPU. Dalam kebanyakan kasus, opsi ini juga akan membutuhkan motherboard baru.

Jika ingin memutakhirkan dari CPU Intel Generasi ke-13, kamu beruntung, karena motherboard yang ada kompatibel dengan chip Generasi ke-14. Sayangnya, hal yang sama tidak demikian dengan catu daya yang ada. Sebab mungkin kamu memerlukan lebih banyak daya untuk menjalankan komponen yang ditingkatkan.

Advertisement


(brl/red)