5 Langkah yang perlu kamu terapkan untuk melindungi data privasi gadget saat traveling  

Advertisement

5 Cara menjaga data pribadi saat traveling

4. Enkripsi dan lacak perangkat kamu

foto: freepik/vecstock

Sebagian besar perangkat mendukung beberapa bentuk enkripsi, secara efektif mengacak dan mengunci data kamu di balik kata sandi yang kuat dan unik. Jika ada yang mencuri perangkat saat dienkripsi, mereka tidak akan dapat mencuri data kamu, bahkan jika mereka mencolokkannya ke perangkat lain.

iPhone dan sebagian besar smartphone Android memungkinkan enkripsi disk penuh, sementara ada banyak alat enkripsi untuk Windows, cara mengenkripsi folder di macOS, dan, tentu saja, cara mengenkripsi di Linux.

Demikian pula, iOS dan Android memiliki pelacakan terintegrasi yang memungkinkan kamu melacak perangkat yang dicuri atau salah tempat. Baik Find My Apple dan Find My Device Google dapat melacak ponsel kamu, bahkan ketika dimatikan.

5. Jangan posting di media sosial

foto: freepik

Sekarang, yang ini sedikit lebih rumit. Siapa yang tidak suka memposting foto-foto sempurna di Instagram ketika liburan? Tetapi memposting ke media sosial saat kamu liburan yang berada ratusan atau ribuan kilometer dari rumah membuka peluang kejahatan seperti pencurian di rumah.

Dengan jutaan posting di Instagram, TikTok, dan jaringan media sosial lainnya menggunakan tag seperti #holiday, #airport, #vacation, dan #traveling, mudah bagi pencuri untuk mencari target potensial. Menjadi lebih mudah jika target potensial telah menautkan akun yang membantu membangun gambaran yang lebih besar, bersama dengan alamat potensial, lokasi, dan informasi pengenal pribadi lainnya.

Memposting foto untuk orang-orang di rumah tidak terlarang, namun kamu perlu mengambil beberapa tindakan pencegahan. Misalnya, pastikan akun kamu disetel ke pribadi dan hanya dapat dilihat oleh teman dan keluarga, dan jika itu tidak memungkinkan, cobalah untuk membatasi jumlah posting yang kamu buat.

Demikian pula, jika kamu tergoda untuk masuk di lokasi tertentu dan membagikan data lokasi kamu untuk menunjukkan di mana berada dan di mana kamu pernah berada. Ini sama saja memberitahu publik bahwa kamu sedang berada jauh dari rumah.

Tips privasi umum untuk bepergian

foto: freepik/prostock-studio

Ada banyak langkah tambahan yang dapat kamu ambil untuk melindungi privasi saat bepergian. Misalnya, sebelum berangkat, ada baiknya memperbarui perangkat dan aplikasi kamu untuk memastikan kamu menggunakan versi terbaru. Ini bisa melindungi terhadap potensi masalah keamanan.

Pastikan juga kamu menggunakan kata sandi yang kuat dan unik untuk akun online, dan pertimbangkan untuk menggunakan pengelola kata sandi agar kata sandi kamu tetap teratur. Masalah potensial lain yang harus diwaspadai adalah pembajakan data, di mana data kamu dicuri setelah terhubung ke port pengisian daya publik. Tampaknya tidak masuk akal, tetapi itu sering terjadi.

Terakhir, ingatlah untuk menghapus data apa pun dari rental mobil saat berada di luar negeri. Hal ini untuk memastikan pencegahan potensi masalah privasi, seperti seseorang mengakses kontak kamu, informasi pribadi, dan sebagainya.

Advertisement


(brl/red)