5 Penyebab ponsel Android sering mati mendadak dan begini cara memperbaikinya

Advertisement

Techno.id - Kamu mungkin permah mengalami masalah ponsel cerdas Android yang kamu gunakan tiba-tiba mati tanpa alasan yang jelas. Tentu saja, kondisi tersebut bisa membuat stres dan menjengkelkan. Sebab kamu tidak dapat mengandalkan ponsel untuk melakukan tugas-tugas penting. 

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mendiagnosis masalah tersebut dan memperbaikinya sendiri. Mari kita mulai dengan membahas beberapa alasan paling umum yang menyebabkan ponsel cerdas mati.  

1. Aplikasi yang menguras baterai dan memonopoli memori

foto: freepik/grinvalds

Meskipun RAM gigabyte terus bertambah dan kecepatan pemrosesan yang lebih cepat di ponsel cerdas, aplikasi atau fitur tertentu dapat menghabiskan banyak baterai. Jika ponsel kamu memiliki persentase baterai yang rendah tetapi mati sebelum waktunya, jangan terlalu khawatir.

Kamu dapat menghapus aplikasi yang menghabiskan daya atau menggunakan mode hemat daya bawaan untuk membantu memaksimalkan masa pakai baterai di seluruh perangkat. 

2. Terlalu panas

foto: freepik/black.salmon

Terlalu panas adalah masalah lain yang dapat menyebabkan segala macam masalah kinerja. Meskipun perangkat kamu tidak mati secara otomatis, namun perangkat mengirim pesan peringatan dan akan menonaktifkan beberapa fitur seperti kecerahan tinggi atau pengisian daya.

Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah ponsel Android kamu kepanasan, baik saat menggunakan atau mengisi dayanya. Kamu harus menghindari penggunaan ponsel di bawah sinar matahari langsung jika hari sedang panas.

Jika kamu merasa ponsel terlalu panas saat mengisi daya, matikan daya untuk sementara hingga dingin. Paparan panas yang terlalu lama pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan pada baterai ponsel, yang pada gilirannya dapat menyebabkan mati mendadak.

3. Fitur restart otomatis aktif

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Ponsel Android seperti Samsung memiliki fitur restart otomatis. Jika sakelar ini diaktifkan secara tidak sengaja, maka dapat melakukan penghentian acak yang membuat ponsel mati mendadak.

Untuk menonaktifkan fitur ini, luncurkan aplikasi Pengaturan, navigasikan ke Perawatan perangkat dan baterai, ketuk Optimalisasi otomatis, ketuk Mulai ulang otomatis, dan matikan sakelar Mulai ulang otomatis pada waktu yang ditentukan.

4. Kerusakan fisik

foto: freepik/towfiqu-barbhuiya

Perangkat lunak tidak selalu menjadi penyebab ponsel mati mendadak. Komponen perangkat keras tertentu pada ponsel juga dapat menyebabkan masalah. Ponsel cerdas kamu mungkin tidak tahan air seperti yang kamu kira.

Riwayat kerusakan air apa pun dapat menghantui fungsionalitas ponsel cerdas. Dalam kasus seperti itu, cari perbaikan profesional karena sisa-sisa air tidak akan cocok dengan elektronik di dalam ponsel cerdas. 

5. Kerusakan sumber daya

foto: freepik/user16766420

Kemungkinan yang lebih mungkin terjadi adalah kerusakan pada sumber daya ponsel cerdas. Baterai biasanya adalah sel lithium-ion yang menua secara kimiawi seiring berjalannya waktu. Jika baterai tidak dapat mengeluarkan voltase yang diperlukan agar ponsel tetap berjalan, baterai akan mati dan memulai ulang.

Ponsel kamu mungkin harus diganti baterainya jika perangkat melambat secara drastis, terlalu panas, atau mati secara tidak terduga. Sebaiknya periksa juga apakah casing yang kamu gunakan menghalangi salah satu tombol perangkat keras di ponsel, sehingga membuat siklus boot ulang. Coba lepaskan casing dan pastikan ada toleransi yang cukup antara casing dan tombol daya. Tombol yang rusak atau lengket dapat menyebabkan ponsel cerdas mati. 

 

Advertisement


(brl/red)