5 Platform AI yang bisa kamu gunakan untuk mengakses GPT-4 secara gratis

Advertisement

Techno.id - GPT-4 adalah salah satu model bahasa besar (LMS) yang paling popular dan mumpuni. Kebanyakan orang mengakses GPT-4 menggunakan langganan ChatGPT Plus dengan biaya USD20 atau sekitar Rp328 ribu per bulan. 

Lantas bisakah kita mengakses GPT-4 secara gratis? Berikut lima platform yang bisa kamu gunakan untuk mengakses GPT-4 secara gratis.

1. Microsoft Copilot

foto: microsoft copilot

Microsoft adalah salah satu perusahaan pertama yang bekerja secara langsung dengan OpenAI dengan menginvestasikan miliaran dolar ke dalam perusahaan dan penelitian AI-nya. Karenanya, chat Bing Microsoft Edge menjadi salah satu cara pertama untuk menggunakan GPT-4 secara gratis yang memungkinkan pengguna membuat hingga 300 obrolan per hari, dengan setiap obrolan dibatasi hingga 30 putaran pertanyaan.

Kemudian, pada 1 Desember 2023, Microsoft mengubah nama Bing Chat menjadi Copilot, menghapus batas 300 obrolan per hari dan meluncurkan dukungan Copilot di banyak layanan Microsoft lainnya.

Copilot juga memiliki keuntungan lain. Pengguna dapat menggunakan alat teks-ke-gambar DALL-E 3 OpenAI secara gratis, memungkinkan mereka membuat gambar asli yang sangat detail dengan input teks. Copilot Image Creator bekerja mirip dengan alat OpenAI, dengan sedikit perbedaan di antara keduanya. Namun, pengguna dapat menggunakannya untuk membuat gambar AI yang unik hampir secara instan.

Jika ingin menggunakan GPT-4 secara gratis, Microsoft Copilot benar-benar salah satu opsi terbaik. Langganan ChatGPT Plus masih merupakan pilihan terbaik secara keseluruhan karena rangkaian fiturnya yang luas, tetapi jika kamu hanya memiliki beberapa pertanyaan yang ingin dijawab, Copilot adalah pilihan terbaik.

2. ChatGPT

foto: chatgpt

OpenAI meluncurkan banyak fitur baru di acara Spring Update, Mei 2024, dan salah satunya adalah versi GPT-4 baru yakni GPT-4o. Alat ini sepenuhnya gratis untuk semua pengguna ChatGPT, meskipun dengan beberapa batasan yang cukup besar bagi mereka yang tidak berlangganan ChatGPT Plus.

Sebagai permulaan, pengguna ChatGPT free hanya dapat mengirim sekitar 16 pesan GPT-4o dalam waktu tiga jam. Setelah mencapai batas pesan, ChatGPT akan memblokir akses ke GPT-4o.

Meskipun GPT-4o adalah model AI multimodal sepenuhnya, model ini tidak mendukung pembuatan gambar DALL-E. Meskipun itu merupakan batasan yang tidak menguntungkan, ini juga bukan masalah besar, karena pengguna dapat dengan mudah menggunakan Microsoft Copilot.

Akses GPT-4o gratis hadir dengan beberapa fitur unggulan. Pengguna ChatGPT free dapat menggunakan GPT-4o untuk pencarian dan pertanyaan penelusuran web, analisis data, analisis gambar, dan dukungan file yang ekstensif. Jadi, alat ini menghadirkan banyak fitur inti dari tingkat ChatGPT Plus kepada pengguna gratis.

Alat ini juga memungkinkan pengguna gratis mengakses GPT khusus, meskipun memiliki batasan yang sama dengan perpesanan GPT-4o dan pengguna gratis tidak dapat membuat GPT khusus.

3. Perplexity

foto: perplexity.ai

Perplexity.ai adalah alat AI yang sangat menjanjikan dengan opsi untuk menggunakan GPT-4 secara gratis. Meskipun Perplexity versi gratis tidak secara khusus menyatakan bahwa kamu menggunakan GPT-4, mengaktifkan mode Copilot memberi kamu akses ke GPT-4, meskipun terbatas pada lima pertanyaan setiap empat jam.

Secara keseluruhan, alat ini bukan pilihan yang buruk dan memberi kamu gambaran tentang apa itu Perplexity.ai. Memutakhirkan ke Perplexity.ai tingkat pro akan dikenakan biaya USD20 atau sekitar Rp328 ribu per bulan, sama dengan langganan ChatGPT Plus. Dengan berlangganan kamu dapat mengajukan lebih dari 300 pertanyaan yang didukung Copilot, menggunakan model Claude 3 Anthropic, dan mengunggah file sebanyak yang kamu mau.  

4. Merlin

foto: chromewebstore/merlin 

Merlin adalah ekstensi browser Chrome praktis yang menyediakan akses GPT-4 secara gratis, meskipun terbatas pada jumlah kueri harian tertentu. Yang membuat Merlin menjadi cara bagus untuk menggunakan GPT-4 secara gratis adalah permintaannya.

Sebagai pengguna Gratis Merlin, kamu menerima 102 permintaan per hari. Setiap permintaan GPT-4 akan membuat kamu mengembalikan 30 permintaan, memberi sekitar tiga pertanyaan GPT-4 gratis per hari. Merlin juga memiliki opsi mengakses web untuk permintaan.

Namun, permintaan GPT-3.5 jauh lebih murah, dengan satu permintaan per pertanyaan, dan kamu juga dapat mengintegrasikan Merlin ke akun media sosial jika diperlukan.

5. Hugging Face

foto: hugging face

Hugging Face adalah situs web pembelajaran mesin dan pengembangan AI sumber terbuka tempat ribuan pengembang berkolaborasi dan membuat alat. Beberapa Hugging Face Spaces mengklaim memberikan akses ke GPT-4. Sayangnya alat ini membutuhkan waktu terlalu lama untuk menjawab pertanyaan. Alat ini juga sangat dibatasi oleh sedikitnya daya pemrosesan yang tersedia untuk akun Hugging Face free sehingga kurang layak digunakan.

Advertisement


(brl/red)