5 Tanda ponsel cerdas kamu perlu diganti baru, dari performa yang mulai lemot hingga masalah baterai

Advertisement

Techno.id - Teknologi terus bergerak maju dengan cepat. Sayangnya, ponsel cerdas tidak bisa bertahan lama. Model yang lebih baru terus keluar dengan fitur dan kemampuan yang lebih baik. 

Pembuat ponsel selalu menemukan cara baru untuk membuat pengguna ingin membeli gadget terbaru mereka. Mungkin beberapa dari kita tidak keberatan ketika harus terus menggunakan ponsel lama meskipun sudah agak usang.

Tetapi tentu saja, ponsel lama memiliki batasan untuk pembaruan sistem operasi. Hal tersebut akan memengaruhi kamu terhadap pembaruan sistem. Berikut adalah lima tanda bahwa mungkin sudah waktunya untuk membeli ponsel baru.

1. Performa lambat

foto: freepik/rawpixel.com

Jika ponsel kamu semakin lambat, mungkin sudah waktunya untuk memutakhirkan perangkat, artinya mengganti dengan yang baru. Saat kamu lebih sering menggunakan ponsel, perangkat mungkin kesulitan untuk mengikuti aplikasi dan pembaruan baru. Ponsel yang sudah terlalu lama biasanya akan sangat lambat saat membuka aplikasi dan beralih di antara tugas.

2. Sering macet dan nge-lag

foto: freepik

Jika aplikasi kamu terus mogok atau layar terus membeku, mungkin ada yang salah dengan perangkat keras atau perangkat lunak ponsel kamu. Ponsel yang lebih lama mungkin tidak dapat menangani aplikasi atau pembaruan baru seperti biasanya.

3. Perangkat lunak usang dan kurangnya pembaruan

foto: freepik

Seiring bertambahnya usia ponsel, perangkat akan berhenti mendapatkan pembaruan dari pabrikan. Ini dapat membuat ponsel kamu rentan terhadap ancaman keamanan. Jika ponsel kamu sudah lama tidak diperbarui, mungkin sudah waktunya untuk memutakhirkan.

4. Kerusakan fisik dan keausan

foto: freepik

Goresan dan penyok mungkin tidak memengaruhi cara kerja ponsel, tetapi dapat bertambah seiring waktu. Jika ponsel kamu mengalami kerusakan serius, mungkin lebih murah untuk membeli yang baru daripada memperbaikinya.

5. Daya tahan baterai lemah

foto: freepik/edaccor

Baterai tidak bertahan selamanya. Jika kamu sering mengisi daya ponsel atau cepat mati setelah mengisi daya, mungkin sudah waktunya untuk membeli baterai baru atau ponsel baru.

Singkatnya, perhatikan tanda-tanda tersebut untuk mengetahui kapan saatnya mengucapkan selamat tinggal pada ponsel lama kamu dan menyapa ponsel baru.

Advertisement


(brl/red)