6 Cara memperbaiki kesalahan “Can't Reach This Page” di Microsoft Edge

Advertisement

Techno.id - Microsoft Edge dikenal sebagai browser desktop terpopuler kedua setelah Chrome. Tidak jarang web browser ini memiliki banyak gangguan. Salah satu pesan kesalahan yang sering muncul dan mengganggu adalah “Can't Reach This Page”.   

Meskipun peluncuran ulang sederhana dapat memperbaiki masalah ini, ada banyak opsi lain untuk dicoba. Namun sebelum menerapkan perbaikan, coba tips pemecahan masalah dasar ini terlebih dahulu.

1. Perbaiki masalah penggunaan RAM yang tinggi

foto: tangkapan layar

Microsoft Edge diketahui menggunakan banyak RAM pada waktu-waktu tertentu. Jika memungkinkan, periksa dan perbaiki penggunaan memori yang tinggi di Edge.

Hapus cache dan data penjelajahan

Terkadang, menghapus cache dan menghapus data penjelajahan dapat meningkatkan kinerja browser.

Periksa dengan jendela InPrivate

Coba jalankan situs web di jendela InPrivate. Untuk melakukan ini, klik menu tiga titik di kanan atas Edge dan pilih New InPrivate Window.

Memecahkan masalah teknis lainnya

Hal lain yang dapat kamu lakukan adalah menentukan apakah masalahnya ada pada halaman web tertentu. Konfirmasikan ini dengan menjalankan situs web lain di Edge dan kemudian memuat situs web yang sama di browser lain atau Edge di perangkat lain.

Jika masalah menyangkut situs web tertentu, salah satu dari berikut ini mungkin benar, situs web saat ini menghadapi kesulitan teknis, servernya sedang down, atau pemilik situs web telah memblokir alamat IP atau wilayah kamu.

Jika ini adalah masalah teknis dengan situs—dan kamu akan mengetahuinya karena situs web tidak akan dimuat di perangkat atau browser apa pun—Kamu hanya perlu menunggu sampai diselesaikan. Untuk menyingkirkan kasus terakhir, gunakan VPN atau hubungi pemilik situs web untuk membuka blokir alamat IP kamu. Jika masalah terjadi pada beberapa halaman di komputer tertentu, masalah tersebut memerlukan penyelidikan lebih lanjut.

2. Periksa koneksi internet

foto: speedtest.net

Jika kamu sering mengalami kesalahan “Can't Reach This Page” di Edge, mungkin disebabkan koneksi internet kamu. Pastikan kamu terhubung ke internet dengan benar. 

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memutuskan sambungan dan menyambungkan kembali ke Wi-Fi. Opsi terbaik adalah menggunakan koneksi kabel.

Kamu juga dapat menentukan apakah masalahnya ada di internet dengan melakukan tes kecepatan internet. Ada beberapa cara untuk melakukan ini, yang paling mudah adalah mengetik “tes kecepatan” (speed test) di mesin pencari. Beberapa mesin, seperti Google dan Bing, memungkinkan kamu untuk menjalankan pengujian di mesin tanpa mengunjungi situs web tertentu.

Jika bukan karena koneksi internet, masalah konektivitas jaringan dapat mencegah Edge berfungsi dengan baik. Jalankan pemecah masalah untuk memperbaiki masalah Wi-Fi di Windows. Pengguna Apple yang perangkat macOS-nya gagal terhubung ke Wi-Fi juga memiliki opsi yang mereka inginkan.

3. Ubah server DNS

foto: tangkapan layar

Penyebab lain dari kesalahan “Can't Reach This Page” di Microsoft Edge adalah bagaimana server DNS disiapkan. Mengubah server DNS dapat memperbaiki masalah.

Kamu mungkin menggunakan server DNS yang diatur oleh penyedia layanan internet (ISP). Mengubahnya menjadi yang dijalankan oleh Google atau Cloudflare dapat membantu, dan juga dapat meningkatkan kecepatan penjelajahan.

Meskipun dapat menggunakan server DNS apa pun yang kamu suka, berikut cara mengganti DNS yang ada dengan Cloudflare.

Windows 10

Jika menggunakan Windows 10, ikuti langkah-langkah berikut untuk mengubah DNS.

1. Gulir untuk menemukan dan klik Network and Sharing Center (Pusat Jaringan dan Berbagi).

2. Di bilah sisi kiri, klik Ubah pengaturan adaptor.

3. Klik kanan pada koneksi jaringan pilihan kamu dan buka Propertinya.

4. Di tab Jaringan, cari Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dan klik dua kali di atasnya.

5. Periksa lingkaran untuk Gunakan alamat server DNS berikut.

6. Masukkan “1.1.1.1” dan “1.0.0.1” di bidang DNS Pilihan dan DNS Alternatif, masing-masing.

Windows 11

Jika menggunakan Windows 11, berikut cara mengubah DNS.

1. Klik Properti perangkat keras.

2. Cari opsi DNS dan klik tombol Edit yang terkait dengannya.

3. Nyalakan IPv4 dan masukkan “1.1.1.1” dan “1.0.0.1” di bidang DNS Pilihan dan DNS Alternatif.

Berikut adalah pengaturan DNS utama dan alternatif dari Cloudflare, Google, dan OpenDNS yang dapat kamu gunakan untuk server DNS baru.

Cloudflare: 1.1.1.1 dan 1.0.0.1

Google: 8.8.8.8 dan 8.8.4.4

OpenDNS: 208.67.222.222 dan 208.67.220.220

Periksa apakah pengaturan DNS ini membantu dengan kesalahan Edge.

Advertisement


(brl/red)