6 Cara memperbaiki layar yang berkedip di ponsel cerdas Android

Advertisement

Cara memperbaiki layar ponsel Android berkedip

4. Boot ponsel dalam Mode Aman

foto: tangkapan layar

Mem-boot ponsel dalam mode aman memuat sistem operasi Android tanpa mengaktifkan aplikasi pihak ketiga. Saat menjalankan ponsel Android dalam mode aman, kamu dapat memecahkan masalah dan mengidentifikasi apakah masalah yang kamu hadapi berasal dari aplikasi pihak ketiga yang telah diinstal.

Biasanya, untuk mem-boot ponsel dalam mode aman, geser ke bawah dari atas layar untuk membuka pengaturan cepat. Tekan dan tahan tombol daya untuk mendapatkan opsi Safe Mode.

Saat ponsel dalam Mode Aman, aplikasi pihak ketiga akan berwarna abu-abu. Gunakan aplikasi lain yang tersedia dan perhatikan. Jika tidak ada layar yang berkedip, masalahnya ada dari aplikasi yang telah kamu instal. Keluar dari Mode Aman dan hapus instalan aplikasi pihak ketiga yang bermasalah.

5. Lakukan pembaruan sistem

foto: tangkapan layar

Jaga agar ponsel tetap berjalan tanpa masalah dengan tetap up-to-date pada perangkat lunak terbaru. Untuk memperbarui OS Android, buka aplikasi Pengaturan dan ketuk “Pembaruan Perangkat Lunak”. Kemudian ketuk opsi “Unduh dan Instal” atau “Periksa Sekarang”.

Jika ada pembaruan yang tersedia, ketuk tombol unduh biru di bagian bawah layar untuk memulai pembaruan. Pembaruan ini akan menghapus bug yang menyebabkan masalah dan menghentikan layar berkedip.

6. Periksa kerusakan fisik

foto: freepik/user12986379

Jika tidak ada perbaikan yang berhasil, masalahnya kemungkinan besar berasal dari kerusakan fisik. Menjatuhkan ponsel atau memaparkannya ke air dapat memengaruhi perangkat keras layar, yang menyebabkan kedipan. Periksa ponsel, terutama layar untuk tanda-tanda kerusakan yang terlihat seperti retakan di layar atau penyok pada ponsel secara keseluruhan. Jika melihatnya, mungkin sudah waktunya untuk membawa ponsel ke layanan perbaikan profesional.

Advertisement


(brl/red)