6 Cara memperbaiki notifikasi yang tidak berfungsi di iPhone

Advertisement

Cara memperbaiki notifikasi iPhone tidak berfungsi

4. Nonaktifkan ringkasan terjadwal, mode daya rendah, dan mode data rendah

foto: tangkapan layar

Fitur Ringkasan Terjadwal pada iPhone mengelompokkan pemberitahuan yang tidak mendesak dan mengirimkannya pada waktu yang ditentukan. Opsi ini dapat menunda atau menekan peringatan waktu nyata dan membuatnya tampak seperti pemberitahuan tidak berfungsi.

Untuk menghindari hal ini, yang terbaik adalah menonaktifkan fitur tersebut. Untuk melakukannya, buka aplikasi Pengaturan, buka Pemberitahuan > Ringkasan Terjadwal, dan matikan sakelar di sebelah Ringkasan Terjadwal.

Selanjutnya, pastikan bahwa Mode Daya Rendah tidak aktif. Saat pilihan ini dinyalakan, iPhone Anda membatasi aktivitas latar belakang, yang dapat menunda atau mencegah pemberitahuan muncul. Untuk menonaktifkannya, buka Pengaturan > Baterai dan matikan Mode Daya Rendah.

Demikian pula, Anda perlu menonaktifkan Mode Data Rendah, karena dapat mencegah aplikasi yang bergantung pada internet terhubung dengan server mereka dan menampilkan notifikasi. Untuk mematikan Mode Data Rendah, navigasikan ke Pengaturan > Pilihan Data Seluler > Seluler dan nonaktifkan tombol Mode Data Rendah.

5. Mengaktifkan refresh latar belakang aplikasi

foto: tangkapan layar

Refresh Latar Belakang adalah fitur berguna di iOS yang memungkinkan aplikasi mengambil data baru bahkan saat tidak dibuka secara aktif. Jika fitur ini dinonaktifkan, aplikasi tidak akan memperbarui atau menampilkan notifikasi hingga kamu membukanya, yang dapat menyebabkan notifikasi terlewatkan. Untuk memastikan bahwa pemberitahuan berfungsi dengan benar, kamu perlu mengaktifkan dan mengonfigurasi penyegaran latar belakang aplikasi di iPhone. Berikut cara melakukannya.

1. Buka Pengaturan di iPhone.

2. Gulir ke bawah dan ketuk Umum.

3. Pilih refresh latar belakang aplikasi.

4. Pilih refresh latar belakang aplikasi lagi dan pilih opsi Wi-Fi & Cellular Data. Kamu juga dapat mengizinkan penyegaran latar belakang aplikasi hanya melalui Wi-Fi jika memilih tidak menggunakan data seluler untuk pembaruan latar belakang.

5. Kembali ke menu sebelumnya dan konfirmasikan bahwa penyegaran latar belakang aplikasi diaktifkan untuk aplikasi tertentu yang ingin kamu terima pemberitahuannya.

6. Memperbarui atau mengatur ulang iPhone

foto: tangkapan layar

Ada kemungkinan bahwa build iOS yang bermasalah atau kedaluwarsa di iPhone yang menyebabkan masalah notifikasi. Jika itu masalahnya, menginstal pembaruan perangkat lunak terbaru kemungkinan akan menyelesaikan masalah. Untuk memeriksa pembaruan iOS, buka aplikasi Pengaturan di iPhone, ketuk Umum, lalu pilih Pembaruan Perangkat Lunak. Unduh dan instal pembaruan yang tertunda, lalu lihat apakah pemberitahuan berfungsi.

Jika tidak ada yang berhasil, mengatur ulang iPhone mungkin menjadi pilihan terakhir. Melakukannya akan mengatur ulang semua pengaturan ke opsi default. Secara efektif akan memperbaiki masalah apa pun. Jangan khawatir, proses ini tidak akan memengaruhi data kamu. Berikut cara mengatur ulang semua pengaturan di iPhone.

1. Buka Pengaturan dan buka Umum.

2. Gulir ke bawah untuk memilih Transfer atau Setel Ulang iPhone.

3. Ketuk opsi Reset dan pilih Reset All Settings dari menu yang muncul.

4. Kemudian, ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan pengaturan ulang perangkat. Setelah iPhone diatur ulang, atur dari awal, dan notifikasi akan berfungsi seperti yang diharapkan.

Advertisement


(brl/red)