6 Cara terbaik untuk mengambil tangkapan layar di ponsel Android

Advertisement

6 Cara mengambil tangkapan layar di Android

4. Menggunakan menu setelan cepat

foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Beberapa produsen telah menambahkan tombol screenshot ke menu Pengaturan Cepat Android. Untuk mengakses menu, geser layar dari atas ke bawah. Kamu mungkin melihat opsi berlabel Cuplikan Layar atau yang serupa.

Jika kamu tidak melihat opsi tersebut, mungkin disembunyikan. Dalam hal ini, kamu harus menyesuaikan panel Pengaturan Cepat dengan mengetuk ikon pensil. Di sini, kamu dapat mengubah tombol pintasan mana yang ditampilkan pada menu.

5. Menggunakan Asisten Google

foto: assistant.google.com

Kamu dapat mengambil tangkapan layar di perangkat Android secara handsfree hanya dengan meminta Asisten Google untuk mengambil tangkapan layar. Cukup ucapkan “Ok Google” untuk memicu asisten agar bangun, lalu ucapkan “Ambil screenshot” untuk memotret. Ini berguna saat kamu memasak atau makan sambil menonton YouTube.

Jika kamu mencoba mengambil tangkapan layar di ponsel Samsung, kamu mungkin lebih suka menggunakan Bixby daripada Asisten Google. Beberapa pengguna mengeluh bahwa Asisten Google gagal menyimpan tangkapan layar di galeri pada ponsel Samsung dan sebaliknya hanya memungkinkan membagikannya secara instan. Tetapi ini bukan masalah dengan Bixby.

6. Menggunakan aplikasi pihak ketiga

foto: play.google.com/screenshot easy

Jika tidak ada metode yang tampaknya berfungsi di perangkat kamu, upaya terakhir adalah mengunduh aplikasi pihak ketiga melalui Play Store. Fungsi dasar mereka akan sama dengan metode standar, tetapi aplikasi pihak ketiga terkadang menawarkan beberapa fitur tambahan keren yang tidak tersedia secara asli.

Salah satu aplikasi tersebut adalah Screenshot Easy, yang memungkinkan kamu mengambil tangkapan layar menggunakan tombol overlay layar, tombol di bilah notifikasi, dengan menggoyangkan perangkat atau melalui widget.

Ada juga beberapa opsi pasca-pemotretan yang bagus. Kamu dapat memotong tangkapan layar, mengonversinya menjadi file ZIP, mengedit warna, dan menyertakan stempel waktu dan tanggal. Kamu dapat menyimpan gambar dalam format PNG atau JPG. Aplikasi ini juga memiliki kemampuan merekam layar, termasuk dukungan untuk menggulir tangkapan layar.

Selama menggunakan versi Android yang cukup baru, perangkat kamu dapat mengambil tangkapan layar tanpa memerlukan aplikasi pihak ketiga, tetapi kamu masih dapat mempertimbangkan untuk menginstalnya jika menggunakan versi Android yang lebih lama. Namun, untuk sebagian besar, cara tercepat untuk mengambil tangkapan layar di Android adalah dengan menggunakan tombol fisik perangkat.

Advertisement


(brl/red)