6 Tips dan trik yang dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai smartphone, wajib dicoba

Advertisement

6 Fakta umum baterai smartphone

4. Jangan bermain game sambil mengisi daya

foto: freepik/dcstudio

Menggunakan ponsel saat mengisi daya akan meningkatkan suhu ekstrem yang tentunya tidak baik untuk baterai smartphone kamu. Tetapi jika hanya untuk menjelajahi Facebook atau memeriksa email tidak akan meningkatkan suhu ponsel terlalu tinggi.

Berbeda jika menggunakan pengisian daya cepat lalu sambil digunakan untuk bermain game sekaligus, terutama untuk jangka waktu yang lebih lama maka itu lain lagi ceritanya. Game, khususnya yang memiliki grafis tinggi dapat membuat baterai ponsel menjadi lebih panas daripada biasanya.

Selain itu tidak disarankan untuk sering menggunakan smartphone setelah baterainya penuh. Sebab siklus mini adalah fakta yang dapat menyebabkan beberapa bagian baterai menua lebih cepat jika terus menerus digunakan, seperti menarik daya dan mengisi daya baterai saat penuh.

5. Matikan aplikasi boros baterai

foto: freepik

Kamu bisa sedikit menghemat daya baterai dengan mematikan aplikasi yang boros daya. Untuk mengetahuinya kamu bisa membuka Pengaturan pada smartphone lalu klik Baterai.

Perluas fitur baterai dan lihat aplikasi apa saja yang cukup banyak menguras baterai. Kamu bisa menonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Pilihan terbaik adalah menyesuaikan izin latar belakangnya atau menghapus instalasinya untuk mengendalikan daya yang terkuras.

6. Nonaktifkan Wi-Fi, Bluetooth, dan lokasi

foto: freepik

Wi-Fi, Bluetooth, dan lokasi dapat menguras daya tahan baterai ponsel layaknya ‘Vampir’. Jika tidak sedang digunakan, sebaiknya kamu nonaktifkan beberapa fitur tersebut untuk menghemat baterai.

Selain itu, jika kamu berada di area yang buruk layanan selular, disarankan untuk mengaktifkan mode pesawat, meski cara ini hanya sedikit menghemat baterai. Tetapi, paling tidak cara ini akan membantu smartphone kamu untuk tidak bekerja ekstra keras mencari layanan telekomunikasi.

Advertisement


(brl/red)