6 Kebiasaan mengisi daya seperti ini dapat memaksimalkan masa pakai baterai ponsel

Advertisement

6 Cara maksimalkan masa pakai baterai ponsel

5. Ingat! Panas adalah musuh daya tahan baterai

foto: jofreepik

Suhu merupakan kontributor utama untuk usia baterai. Bahkan, panas bisa dibilang sebagai pembunuh terbesar kesehatan baterai untuk jangka panjang. Seperti halnya tegangan tinggi, suhu tinggi membuat baterai tertekan dan membuatnya kehilangan kapasitas jauh lebih cepat daripada saat disimpan pada suhu yang lebih rendah.

Baterai yang disimpan di antara 25-40 derajat Celcius akan mempertahankan sekitar 85% hingga 96% kapasitasnya setelah tahun pertama dengan siklus pengisian yang masuk akal.

Menaikkan suhu secara teratur di atas 40 derajat Celcius dan mengisi daya hingga 100% akan membuat kapasitasnya turun menjadi hanya 65% setelah tahun pertama.

Baterai yang terisi penuh dan terpapar suhu tinggi adalah hal terburuk dan harus dihindari saat mengisi daya ponsel. Jadi, jangan tinggalkan ponsel kamu di bawah bantal saat mengisi daya di malam hari atau dicolokkan di dasbor mobil pada hari yang terik. Selain itu jika kamu menggunakan pengisian daya nirkabel dapat berdampak pada kesehatan baterai jika kamu tidak menjaga ponsel tetap dingin.

6. Kontroversi pengisian daya cepat (fast charging)

foto: freepik/vitalii_petrushenko

Teknologi pengisian daya cepat adalah masalah yang terus  diperdebatkan saat ini. Karena arus dan tegangan yang lebih tinggi menyebabkan perangkat menjadi lebih panas. Dengan kemampuan yang melebihi 60W dan mendorong hingga 100W bahkan pada ponsel pintar, maka akan menyebabkan masalah pada umur perangkat.

Pengisian daya cepat tidak masalah untuk pengisian daya yang kecil, tetapi banyak pengisian daya cepat saat ini yang justru bisa menimbulkan panas melebihi 40 derajat Celcius ketika mengisi daya selama lebih dari beberapa menit.

Cara memaksimalkan kesehatan baterai smartphone dalam jangka panjang

foto: freepik/rawpixel

Jika kamu sedang terburu-buru, berikut adalah ringkasan singkat tips memaksimalkan daya tahan baterai terbaik yang harus kamu ingat.

1. Hindari siklus pengisian daya penuh (0-100%) dan pengisian daya semalaman. Sebaliknya, isi ulang daya ponsel secara teratur dengan pengisian daya parsial.

2. Membatasi pengisian daya maksimum ponsel hingga 80-90% lebih baik untuk kesehatan baterai daripada mengisi daya hingga penuh setiap saat.

3. Gunakan teknologi pengisian daya cepat dengan hemat dan saat perangkat kamu dalam keadaan dingin.

4. Panas berpotensi mempercepat penurunan kesehatan baterai. Jangan tutupi ponsel saat mengisi daya, dan jauhkan dari tempat yang panas.

5. Jangan bermain game yang intensif, streaming video, atau menjalankan beban kerja intensif lainnya saat mengisi daya untuk menghindari panas dan membebani baterai.

Advertisement


(brl/red)