7 Cara jitu meningkatkan daya tahan baterai iPhone, matikan fitur-fitur yang tak perlu

Advertisement

Techno.id - Banyak yang beranggapan iPhone dapat bertahan seharian penuh dengan sekali pengisian daya dengan penggunaan sedang. Namun ada kalanya perangkat tersebut harus bekerja ekstra untuk mempertahankan daya tahan baterainya. 

Seiring masa pemakaian perangkat, mungkin akan kesulitan untuk bertahan seharian penuh dengan sekali pengisian daya. Namun kabar baiknya, kamu bisa menyiasati dengan beberapa trik untuk meningkatkan daya tahan baterai iPhone. Berikut ini adalah 7 trik meningkatkan daya tahan baterai yang dapat membantu kamu menjaga fungsi iPhone lebih lama.

1. Matikan 5G

foto: freepik/fellownekocat

Apakah kamu membutuhkan layanan 5G saat ini? Jika tidak, matikan saja untuk meningkatkan daya tahan baterai. Caranya dengan masuk ke Pengaturan > Data Seluler > Opsi Data Seluler > Suara dan Data dan pilih 4G (atau LTE, jika itu pilihan yang ditampilkan). Cara ini akan menonaktifkan 5G yang boros baterai. Kamu bisa mengaktifkan layanan ini Kembali jika membutuhkan.

2. Redupkan layar

foto: freepik/rawpixel.com

Meredupkan kecerahan layar iPhone bisa membantu menghemat penggunaan daya baterai. Caranya tarik ke bawah Pusat Kontrol dari kanan atas layar dan gunakan penggeser kecerahan untuk mengurangi kecerahan layar.

Cara ini akan membuat perbedaan besar pada daya yang dikonsumsi iPhone saat kamu menggunakannya. Sebaiknya kamu juga masuk ke Pengaturan > Aksesibilitas > Tampilan & Ukuran Teks untuk mematikan penyesuaian kecerahan otomatis.

3. Nonaktifkan atau hapus instal aplikasi

foto: unsplash/william hook

Jika kamu memiliki aplikasi yang jarang digunakan sebaiknya dihapus saja untuk membantu menghemat daya baterai. Selain itu kamu juga bisa memeriksa aplikasi mana saja yang dalam 24 jam atau 10 hari terakhir paling banyak menggunakan daya baterai. Caranya masuk ke Pengaturan > Baterai dan gulir ke bawah untuk melihat aplikasi mana yang paling banyak menggunakan daya baterai. Bisa jadi baterai menjadi boros karena adanya penyegaran aplikasi latar belakang sedang aktif.

4. Nonaktifkan penyegaran latar belakang

foto: freepik

Sudahkah kamu melihat Pengaturan > Umum > Penyegaran Aplikasi Latar Belakang akhir-akhir ini? Semua aplikasi yang tercantum menggunakan data selular untuk terus diperbarui meskipun kamu tidak menggunakannya.

Opsi tersebut berguna ketika kamu memiliki cadangan baterai, tetapi tidak terlalu bagus ketika kamu mencoba memaksimalkan iPhone. Pembersihan aplikasi akan membuat perbedaan besar pada penggunaan baterai.

 

Advertisement


(brl/red)